Jumat, 19 April 24

Jaksa Agung: Rakernis Ini Merupakan Momen Penting untuk Kuatkan Komitmen Bidang Datun

Jaksa Agung: Rakernis Ini Merupakan Momen Penting untuk Kuatkan Komitmen Bidang Datun
* Acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) 2020. (Foto: Kejagung)

Jakarta, Obsessionnews.comJaksa Agung RI Burhanuddin membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) 2020 yang diselenggarakan secara vitual ke seluruh Indonesia.

Rakernis Bidang Datun 2020 ini mengambil tema ‘Meningkatkan Kualitas dan Efektivitas Pelayanan Pengacara Negara’. Acara ini rencananya akan diselenggarakan selama dua hari, di mana hari kedua akan diisi dengan kegiatan pelatihan atau in house tranining bidang Datun.

Dalam kesempatan itu, Burhanuddin memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah Subhanahu Watta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya atas perlindungan dan karunia-Nya, dalam suasana penuh kebersamaan ini, meskipun di tengah Pandemi Covid-19.

“Kita masih diberi semangat dan kemampuan untuk menyelenggarakan Rakernis Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan RI Tahun 2020 secara virtual ini,” ujar Burhannudin dari ruang kerja sementara di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kampus A, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (12/10/2020).

Dia Juga mengatakan, forum Rakernis yang berlangsung dalam waktu relatif singkat ini merupakan momen penting untuk menguatkan kembali komitmen bersama guna mengukuhkan urgensi sekaligus betapa penting dan besarnya peran yang diharapkan dari Bidang Datun dalam memberikan kontribusi nyata terhadap berbagai permasalahan hukum yang muncul melalui kegiatan Penegakan Hukum, Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, Pelayanan Hukum dan Tindakan Hukum Lain bagi instansi atau lembaga maupun masyarakat yang membutuhkannya.

Dia menambahkan, dalam kaitan tugas dan tanggung jawab selaku Jaksa Pengacara Negara (JPN) atas kuasa yang diterima, dapat mewakili negara dan jajaran pemerintahan melalui gugatan peradilan perdata atau peradilan tata usaha negara.

“Selain itu juga fungsi lainnya yang strategis untuk mengupayakan penyelamatan, pemulihan, aset dan keuangan Negara,” ucap Burhanuddin.

Dia juga menegaskan, tugas dan peran Bidang Datun juga menjadi semakin penting dilakukan mengingat di masa pandemi Covid-19 ini banyak kebijakan-kebijakan strategis pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 yang membutuhkan pertimbangan dan pendampingan hukum dari Bidang Datun.

Proses pendampingan yang dilakukan jajaran Datun untuk memastikan kebijakan tersebut berjalan sesuai ketentuan niscaya menjadi tugas dan tanggung jawab besar yang tidak kalah krusial. Untuk itu, agenda dan kegiatan berkala yang diselenggarakan setiap tahun dalam sebuah rapat kerja teknis seperti ini merupakan wadah untuk melakukan evaluasi atas berbagai kendala, hambatan, bahkan kekurangan yang dihadapi.

“Sekaligus mengeksplorasi dan mengelaborasi ide, gagasan, sekaligus solusi konkret segenap jajaran Bidang Datun guna meningkatkan kinerja dalam menjalani kiprah dan pengabdiannya,” tambahnya.

Menurut Burhanuddin, dengan mendasari peran penting Bidang Datun tersebut, maka Rakernis Bidang Datun ini merupakan tema yang relevan dan kontekstual dengan kondisi kekinian dalam rangka meningkatkan kinerja Bidang Datun yang tidak dipungkiri sudah menjadi etalase kinerja Kejaksaan saat ini.

Salah satu kunci utama dapat tercapainya keberhasilan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Bidang Datun, terletak pada adanya kepercayaan yang bersumber dari kualitas pelayanan yang mencerminkan profesionalitas, kesungguhan, ketulusan dan integritas JPN, yang selanjutnya akan meningkatkan animo para principal atau pemangku kepentingan (stake holder) untuk menjalin kerjasama dengan Bidang Datun.

Selain itu, keberhasilan pelaksanaan tugas juga diukur dari sejauhmana efektivitas pelayanan mencapai output, sasaran, serta tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan diharapkan mampu mendorong JPN untuk senantiasa mengoptimalisasikan tugas dalam rangka terwujudnya efektivitas pelayanan.

“Di mana jasa-jasa JPN dapat memberikan manfaat besar tidak hanya bagi principal atau pemangku kepentingan, namun juga bagi masyarakat luas,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.