Kamis, 25 April 24

Jaksa Agung Minta Kajati Kawal Perhelatan Pilkada Serentak 2020

Jaksa Agung Minta Kajati Kawal Perhelatan Pilkada Serentak 2020
* Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin saat melantik 22 pejabat eselon II di Badan Diklat Kejaksaan RI, Jakarta, Selasa (8/12/2020). (Foto: Kejagung)

Jakarta, Obsessionnews.comJaksa Agung Sanitiar Burhanuddin meminta Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) di daerah yang khususnya melaksanakan pemilihan kepala daerah atau pilkada untuk memastikan perhelatan pilkada berjalan lancar dan aman.

“Segera pelajari dan evaluasi kondisi serta situasi wilayah. Kendalikan dan monitor setiap perkembangan yang berpotensi menimbulkan ancaman dan hambatan dalam pelaksanaan pilkada,” ujar Burhanuddin saat melantik 22 pejabat eselon II di Badan Diklat Kejaksaan RI, Jakarta, Selasa (8/12/2020).

Selain itu, jaga netralitas personil dengan tidak menunjukkan keberpihakan. “Terlebih dengan cara menyalahgunakan jabatannya untuk memenangkan salah satu calon pasangan kepala daerah tertentu,” ucapnya.

Dia juga meminta untuk berperan aktif meningkatkan koordinasi dan hubungan kerja sama yang baik dengan semua pihak dan komponen di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Guna mencegah, mengantisipasi, sekaligus menyelesaikan berbagai persoalan terkait penyelenggaraan pilkada yang berpotensi mengganggu berbagai aspek kehidupan bernegara dan bermasyarakat,” tuturnya.

Kemudian wujudkan proses penegakan hukum yang berkeadilan, profesional dan bermartabat yang dilaksanakan dengan senantiasa mengacu pada hati nurani dan integritas luhur yang menjadi landas pijaknya.

“Kawal dan sukseskan setiap kebijakan pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.