Kamis, 25 April 24

Jaksa Agung: Lima Calon KPK Dari Kejaksaan Bukan ‘Titipan’

Jaksa Agung: Lima Calon KPK Dari Kejaksaan Bukan ‘Titipan’

Jakarta, Obsessionnews – Jaksa Agung HM Prasetyo menyampaikan nama-nama calon dari Kejaksaan yang nantinya ikut seleksi menjadi komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Prasetyo mengaku, sudah bertanya dan mendapatkan banyak masukan banyak pihak dan dari keluarga Purna Adhyaksa, para senior kejaksaan yang tentunya selama ini selalu mengikuti perkembangan bagaimana kejaksaan dari awal sampai sekarang. Mereka juga memantau termasuk personilnya.

“Saya juga sudah membicarakan dengan jajaran jaksa agung muda dan wakil jaksa agung tentang siapa-siapa yang pantas untuk kali ini mengikuti seleksi komisioner KPK,” ujar Prasetyo di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Dirinya juga sudah panggil satu per satu temen-temen yang bersedia dan memang berminat menjadi komisioner KPK ini. “Akhirnya, saat ini saya bisa menyampaikan pada sodara sekalian. Betul ada lima nama yang nantinya akan kami ajukan untuk ikut seleksi menjadi capim KPK,” kata Prasetyo.

Dia menegaskan, bahwa ini bukan calon titipan. Mereka betul-betul tampil ikut seleksi sebagaimana yang akan dilakukan oleh panitia seleksi, termasuk tentunya pemenuhan kriteria dan persyaratan yang ditentukan.

“Jadimereka bukan calon titipan. Jadi mereka akan mengikuti nanti apapun yang disyaratkan oleh panitia,” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, lanjut Prasetyo, Panitia Seleksi (Pansel) KPK juga sempat datang ke kejaksaan agung ini untuk berdiskusi bagaimana KPK ke depan terutama terkait para komisionernya.

Dia menyampaikan penentuan komisioner KPK nanti dilihat dulu bibit bebet dan bobotnya. Kapasitasnya, identitasnya, kompetensinya, integritasnya itu yang penting.

“Kita berharap ke depan KPK akan lebih baik. Karena apa yang ada harus menjadi makin baik,” terangnya.

Jadi dari lima personil kejaksaan yang nantinya akan mengikuti seleksi menjadi komisioner KPK adalah

1. Paulus Joko Subagio, sekarang jadi Sekretaris Badiklat Kejagung. Sebelumnya pernah menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jabar, Kajati Banten, Kabiro Hukum Kejagung.

2. Jasman Panjaitan, sekarang jadi sesjamwas merangkap Plt Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas). Sebelumnya Kajati Kalbar, Kajati Kalteng, Dirdik Jampidsus.

3. Sri Haryati, pernah jadi Kajati Lampung. Sekarang Direktur Perdata Jamdatun. Kajari Bandung.

4. Suhardi, sekarang jadi Kajati Sulsel, sebelumnya Kajati Malut, dan pernah jadi Dirtut di Jampidsus.

5. Muhammad Rum, sekarang Wakajati Papua. Koordinator di bidang Pidsus, pernah jadi Kajari Semarang.

Mereka-mereka ini , kata Prasetyo, telah dilihat rekam jejaknya dan mudah-mudahan siapa yang terpilih menjadi komisioner KPK dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Saya mengajukan mereka tentunya setelah mendapat banyak pertimbangan dari segala aspek dan kita semua di kejaksaaan menilai kelima ini layak dan patut mengikuti seleksi KPK,” pungkasnya. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.