Kamis, 25 April 24

Jakarta Marketing Week 2016 Ditutup Meriah

Jakarta Marketing Week 2016 Ditutup Meriah

djarotJakarta, Obsessionnews – Setelah enam hari berlangsung, akhirnya perhelatan pemasaran akbar “Jakarta Marketing Week 2016” (JMW 2016) telah memasuki hari terkahir, Acara yang diselenggarakan di Mal Kota Kasablanka Jakarta ini telah menyita banyak perhatian audience.

Jakarta Marketing Week yang mengusung tiga unsur utama yakni, knowledge, entertainment, dan networking berhasil membuat terinspirasi banyak audience yang hadir, bagaimana tidak JMW 2016 menghadirkan banyak orang-orang kreatif sekaligus menjadi tuan rumah untuk seremoni berbagai penghargaan, menggelar eksibisi berbagai produk menarik, memfasilitasi bertemunya berbagai komunitas, berbagi pengetahuan melalui banyak pembelajaran yang semuanya itu dikemas dalam 7 hari penuh selama 70 jam non-stop. Acara yang ditujukan untuk para marketing enthusiasts ini berlangsung pada tanggal 11-17 Mei 2016.

Pada hari terakhir ini Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MarkPlus, Inc. sekaligus maestro pemasaran dunia memberikan Mid-Year Update kepada para audience JMW 2016 membahas beberapa isu yang terjadi di pertengahan tahun 2016 ini diantaranya seperti teknologi mempengaruhi dunia transportasi, reshuffle cabinet dan lain sebagainya.

“Di pertengahan tahun ini banyak sekali hal-hal yang semakin berkembang, seperti startup yang sangat human-to-human seperti kitabisa.com, produk-produk UKM lokal yang semakin berkembang dan berkualitas serta, dan dunia digial yang tidak bisa lepas dengan manusia” jelas Hermawan. Selasa malam, Mall Kasablanka, Jakarta Pusat (17/5/2016).

Jesayas Ferdinandus

Sebagai pakar pemasaran, Hermawan menuturkan Segmen youth, woman, dan netizen juga masih menjadi pasar yang potensial di tahun ini tambahnya. Apalagi perokonomian juga membaik seperti pada kuartal pertama 2016, pertumbuhan ekonominya mencapai 4,92 persen, lebih tinggi dibanding periode yang sama pada tahun silam sebesar 4,73 persen.

“Presiden Joko Widodo melakukan banyak perbaikan ekonomi. Presiden ini juga suka blusukan ke luar negeri untuk menarik investasi ke Indonesia seperti yang ia lakukan di Korea,” katanya.

JMW yang dinaungi Markplus Inc ini juga menyelenggarakan Marketeer of The Year 2016 (MOTY) Jabodetabek, beberapa penghargaan bergengsi ini diberikan kepada insan yang memiliki potensi marketing spirit yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkunganya.

Masing-masing MOTY tahun ini diberikan kepada Jesayas Ferdinandus, Vice President Go-Food. Jesayas mampu melakukan sebuah inovasi dan memiliki productivity, creativity, & entrepreneurial sehingga mampu meningkatkan demand bagi Go-Food. Beberapa kategori lain yang terdapat pada MOTY 2016 juga diberikan untuk beberapa sektor industri seperti banking, insurance, automotive, logistics, dll. (Daftar pemenang terlampir)

Jakarta Marketing Week 2016 juga ditutup dengan perayaan MarkPlus Anniversary ke-26 dan juga Lecture of The Day dari Founder & Chairman Lippo Group DR. Honoris Causa Mochtar Riady. Pemimpin salah satu perusahaan raksasa di Indonesia membawakan topik Indonesia-China: The New Chapter pada kesempatan ini.

“Ini sangat sesuai dengan keadaan sekarang dimana kita harus membina hubungan baik dengan Tiongkok karena mereka merupakan negara ekonomi terbesar ke-2 di dunia” jelas Hermawan.

mochtar riady - -

Lecture of The Day merupakan agenda tahunan yang selalu diadakan di JMW pada hari terakhir. Sri Sultan Hamengkubuwono x, Anies Baswedan, dan Emil Salim merupakan nama-nama yang pernah memberikan Lecture of the Day pada tahun sebelumnya. Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga hadir pada penutupan JMW 2016 ini.

Sesuai dengan tema JMW yaitu Technology, style, and human to human pada penutupan ini Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga menjelaskan tentang update mengenai kota Jakarta yang sudah mengalami banyak perubahan.

“Smart city kami terapkan sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat seperti pada aplikasi qlue”. jelas Djarot.

Djarot menambahkan bahwa smart city digunakan juga untuk membersihkan korupsi dan membuat pemerintah lebih transparan. Djarot juga berbicara mengenai perubahan yang sudah dilakukan oleh pemda Jakarta seperti MRT, Kartu Jakarta Pintar, dan perumahan rakyat.

Pada penutupan JMW 2016 juga sekaligus dilaksanakan peluncuran Brand Asia 2016 yakni sebuah riset dalam skala besar yang mencakup kepada 80 global brand yang berada di 12 kawasan ASIA seperti China, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Turki, dan Vietnam. Brand Asia 2016 merupakan kerjasama MarkPlus, Inc. dengan Nikkei BP Jepang. Survei ini digunakan untuk mengkaji kecenderungan dan tren yang berbeda disetiap wilayah seperti dari faktor impression, usefulness, dan kualitas dari individu dari merek tersebut. Brand Indonesia yang masuk kedalam 10 besar Asia Global Ranking yaitu Garuda Indonesia, Aqua, dan Alfamart. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.