Sabtu, 23 Februari 19

Dukcapil Hadapi Tiga Tantangan Besar

Dukcapil Hadapi Tiga Tantangan Besar
* Prof Zudan mewakili Mendagri menyerahkan plakat dan data kependuduksn bersih (DKB) semester 2 tahun 2018 kepada Komisi II DPR, Bawaslu dan KPU.

Jajaran Dukcapil Bertekad Sukseskan Pemilu 2019

Makassar – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) menghadapi tiga tantangan besar di tahun politik ini. Pertama harus memposisikan diri menyukseskan Pemilu Presiden dan Pemilu Legistatif April 2019 mendatang.

Kedua, meningkatkan kualitas terbaik pelayanan data administrasi kependudukan (Adminduk), dan ketiga menjaga kehandalan sistem adminduk tersebut selama 24 jam per hari dan 7 hari seminggu nonstop.

“Tidak boleh sistem itu mati sehingga tidak bisa melayani masyarakat di seluruh Indonesia. Inilah tiga tantangan yang harus berhasil diraih oleh segenap aparatur Dukcapil di 514 kabupaten/kota,” kata Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha dalam pidato laporannya pada Rapat Koordinasi Nasional I Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas I Dukcapil) di Four Points by Sheraton Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (7/2/2019) malam.

Rakornas Dukcapil I tahun ini berlangsung selama tiga hari pada 7 sampai 9 Februari 2019, dihadiri sekitar 2.000 pejabat pada pada dinas/organisasi perangkat daerah yang menangani pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Mengangkat tema “Dukcapil Go Digital Sukseskan Pemilu 2019”, Rakornas I Dukcapil menghadirkan narasumber di antaranya Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali, KPU RI, Bawaslu RI, Kepala BPPT dan BSSN, tak ketinggalan juga narasumber Kemendagri yakni Dirjen Dukcapil Prof Zudan Arif Fakrulloh, Sesditjen Dukcapil I Gede Suratha, dan para direktur di lingkungan Ditjen Dukcapil.

Selain itu hadir para pembicara dari Percetakan Negara RI, Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, dan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Semua materi yang disampaikan narasumber untuk memperkuat komitmen jajaran Dukcapil melakukan digitalisasi layanan Adminduk serta turut menyukseskan Pemilu 2019 sesuai dengan kewenangannya terutama untuk menuntaskan rekam cetak KTP-el sebagai syarat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019.

Seperti Rakornas tahun sebelumnya, ada momen penting yang ditunggu-tunggu peserta dan undangan yang hadir. Momen tersebut adalah pembacaan pemberian penghargaan kepala sejumlah kementerian/lembaga dan daerah atas prestasi dan dukungannya dalam bidang Adminduk.

Rakornas kali ini, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil memberikan enam kategori penghargaan kepada kementerian/lembaga dan kepala daerah, yaitu kategori Dukcapil Bisa, Dukcapil Hebat, Dukcapil Selaras, Mitra Dukcapil, Dukcapil Mengabdi dan Kategori Khusus.

Penghargaan diberikan kepada kementerian/lembaga dan daerah dalam bentuk piala dan piagam penghargaan. Keduanya diberikan langsung oleh Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh serta Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada pembukaan Rakornas.

Bagi Kemendagri, penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi dan menginspirasi kementerian/lembaga dan daerah lain, untuk turut aktif dalam peningkatan kualitas pelayanan Adminduk, pengembangan sistem dan pengamanan sistem informasi serta pemanfaatan data kependudukan dalam semua urusan. (*)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.