Kamis, 25 April 24

Jaga Ketahanan Energi, TGI Alirkan Gas Perdananya ke Kabupaten Siak

Jaga Ketahanan Energi, TGI Alirkan Gas Perdananya ke Kabupaten Siak
* Jaringan pipa gas bumi. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.comMeningkatkan daya saing pertumbuhan ekonomi daerah, serta menjaga ketahanan energi di Kabupaten Siak, PT Transportasi Gas Indonesia (PT TGI) bersama PT Pertamina Gas selaku afiliasi dari subholing gas PT PGN Tbk dan PT Pertamina (Persero) melakukan sinergi dalam memperluas infrastruktur jaringan pipa gas bumi ke Kabupaten Siak – Riau guna menjaga ketahanan energi di wilayah tersebut.

Pada Senin (24/08/2020), TGI mulai mengalirkan gas pertama kali (Gas In) kepada fasilitas jaringan pipa PT Pertamina Gas sepanjang 68 km, selanjutnya gas akan digunakan oleh Badan Operasional Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (PT BSP) – Pertamina Hulu (PH).

“Sumber pasokan gas berasal dari Pertamina Hulu Energi (PHE) Jambi Merang di Wilayah Sumatera Selatan yang dialirkan melalui jaringan pipa transmisi PT TGI,” ujar Sekretaris Perusahaan PT TGI Emil Ismail dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/8).

Penyaluran gas perdana ke Kabupaten Siak ini memiliki peran penting dalam sinergi subholding gas serta upaya menjaga ketahanan energi di Kabupaten Siak untuk Pembangkit Listrik dan memenuhi kebutuhan penggunaan gas di kawasan industri baru di wilayah Siak khususnya.

Pembahasan proyek pengaliran gas ini telah dimulai sejak 2019 lalu. Meski terimbas dampak Covid-19, proyek bisa diselesaikan sesuai dengan target yang telah direncanakan.

“Tanpa mengabaikan Protokol Kesehatan Pemerintah dan Perusahaan dalam pencegahan Covid-19,” tambahnya.

Dengan begitu, kegiatan Operasional PT TGI tetap berjalan dengan normal meski di tengah kondisi Covid-19.

“Tentunya dengan memberlakukan pengawasan yang ketat terhadap pemberlakuan Protokol Kesehatan Pemerintah dan Perusahaan di lokasi kerja serta tetap mengutamakan standar keamanan dan keselamatan yang telah ditetapkan,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.