Sabtu, 21 Mei 22

Jaga Ekosistem, Jambaran-Tiung Biru Tanam Pohon di Bojonegoro

Jaga Ekosistem, Jambaran-Tiung Biru Tanam Pohon di Bojonegoro
* Tim manajemen Jambaran-Tiung Biru (TBR) saat melakukan penanaman pohon trembesi dan tanaman penguat tanggul, di embung Desa Waton Kecamatan Sumberejo, Rabu (18/5/2016).

Bojonegoro, Obsessionnews – Jambaran-Tiung Biru (TBR) melakukan penanaman pohon trembesi dan tanaman penguat tanggul, di embung Desa Waton Kecamatan Sumberejo, Rabu (18/5/2016).

Penanaman pohon ini merupakan upaya TBR dalam rangka menjaga ekosistem di lingkungan sekitar.

“Pertamina sangat berkomitmen dan siap mendukung kegiatan penanaman ini. Untuk itu diharapkan kerjasama semua pihak untuk menjaga dan merawatnya. Ke depan, program ini akan dilaksanakan merata di seluruh Bojonegoro, utamanya Bojonegoro bagian barat yang membutuhkan perhatian lebih serius,” ujar GM Jambaran Tiung Biru Bob Wikan Adi Brata.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Elza Deba Agustina menyampaikan bahwa penanaman tanaman penguat ini dilakukan di 378 embung dan 70 permata. Setiap embung atau sumber mata air membutuhkan rata rata 500-1000 pohon untuk hijaukan kawasan.

TBR-2

TBR-3

“Nantinya embung dan sumber mata air ini bisa dijadikan destinasi wisata, sekaligus menambah perekonomian warga dengan memanfaatkan embung sebagai budidaya ikan air tawar, sebagaimana yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan,” katanya.

Program penanaman pohon ini mendapat apresiasi dari SKK Migas. Menurut perwakilannya, Julius Wiratno, program ini menjadi bukti tanggungjawab pengelola eksplorasi wilayah Blok Cepu yang berkomitmen untuk melakukan penghijauan di wilayah eksplorasinya.

Ia juga sekaligus mengapresiasi Pemkab Bojonegoro yang memiliki tata kelola pemerintahan luar biasa.

“Bojonegoro ini rapi dalam pengelolaan DBH. Bahkan tak hanya rapi, tapi juga terstruktur,” ungkapnya.

Sementara itu, staf ahli Bupati Bojonegoro, Tedjo Sukmono yang dating mewakili Bupati mengatakan, tanaman ini akan ditanam di embung untuk menjaga kelestarian sumber mata air. Menurutnya, embung yang digalakkan Pemkab Bojonegoro, jelas mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah menyokong kedaulatan pangan Bojonegoro.

Pada acara ini, dilakukan penyerahan secara simbolis tanaman buah buahan dan trembesi dengan rincian 30.000 tanaman buah dan 20.000 tanaman trembesi. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon di kawasan embung dan kawasan permata.

Selain itu juga dilakukan tebar benih ikan yang merupakan bantuan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.