Senin, 16 Desember 19

Jadi Menko, Mahfud MD Punya Hak Batalkan Kebijakan Menteri di Bawahnya

Jadi Menko, Mahfud MD Punya Hak Batalkan Kebijakan Menteri di Bawahnya
* Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: RM)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menjabat sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD punya kewenangan besar untuk menertibkan kementerian yang berada di bawahnya. Termasuk membatalkan kebijakan menteri terkait.

“Presiden mengatakan, menko boleh mem-veto kebijakan menteri di bawahnya kalau dia itu bertindak sendiri,” ujar Mahfud saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Menurut Mahfud keputusan membatalkan kebijkan menteri dapat dilakukan terutama apabila ada jajaran menteri teknis yang bertentangan dengan visi misi presiden dan kebijakan kementerian setingkatnya.

“Apalagi sampai bertentangan dengan kebijakan presiden ataupun kebijakan kementerian lain yang sejajar,” lanjut dia.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menambahkan, sebagai menteri koordinator, dirinya telah diberi tugas mengawal visi presiden agar dapat diimplementasikan oleh menteri teknis dan lembaga negara di bawahnya.

“Jangan lagi ada ego sektoral. Presiden ingin seluruh pembantunya bekerja secara koordinatif satu sama lain. Kalau dulu karena ego sektoral, para menteri di bawah menko kalau diundang hanya mengutus eselon I dan eselon II,” ucap Mahfud.

Diketahui, Menko Polhukam membawahi sejumlah kementerian teknis dan lembaga, antara lain Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Pertahanan, Menteri Luar Negeri dan TNI-Polri. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.