Minggu, 5 Desember 21

Jadi Kurir Ganja 1,4 Ton, Pelaku Dibayar Rp50 juta

Jadi Kurir Ganja 1,4 Ton, Pelaku Dibayar Rp50 juta
* ilustrasi kurir ganja ditangkap

Jakarta, Obsessionnews – ‎Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri berhasil menangkap sembilan orang sendikat narkoba jenis ganja dari Aceh. Mereka ditangkap secara terpisah, salah satunya adalah Rusdi alias Si On dan Sulaiman alias Sule yang tertangkap membawa 1,4 ton ganja kering siap edar.

Rusdi bersama Sulaiman ditangkap di jalan tol Slipi ‎Jakarta Barat pada 1 Mei 2015. Polisi memang sudah membututi pelaku yang membawa truk tronton berisi ganja dari Sumatera menuju Jakarta. Rusdi mengaku mau bekerja menjadi kurir narkoba karena dibayar Rp 50 juta.

“Sekali ngirim saya dibayar Rp 30 sampai 50 juta,” ujar Rusdi saat berbicara di salah satu televisi nasional, Senin (11/5/2015).

Rusdi menceritakan, dirinya sudah pernah mengirimkan ganja gering seberat 1,4 ton selama dua kali ke Jakarta. Untuk pengiriman yang kedua ini rencananya ganja itu akan dibawa ke wilayah Jawa Barat. Namun, beruntung Polisi keburu menangkapnya.

“Ini yang kedua kalinya, rencananya akan di bawa ke Jawa Barat,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bareskrim Komjen Budi Waseso mengatakan, jaringan Rusdi masih ada kaitanya dengan sindikat narkoba jenis ganja yang melibatkan tujuh orang tersangka lagi. Berdasarkan hasil penyelidikan selama tiga bulan. Polisi telah mengamankan 2,1 ton ganja secara keseluruhan.

“Ini penangkapan terbesar kedua tahun ini,” kata Budi di Bareskrim.

Budi menjelaskan, kasus in bisa terungkap karena ada laporan dari masyarakat. Awalnya Polisi menangkap Syahbudin dan Muhammad Saleh bin Abdul Rani di Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan pada 10 April 2015. Dari tangan tersangka Polisi mengamankan 540 ganja.

Setelah ada pengembangan penyelidikan, Polisi ‎menangkap Jhony bin alm Wellu di Pasar Baru, Jakarta Pusat, dengan barang bukti 10 kilogram ganja kering pada 13 April 2015. Dari situ terungkap jaringan narkoba jenis ganja ini memang tergolong besar.

‎Tidak lama kemudian, Polisi kembali meringkus empat orang lagi di Depok, Jawa Barat. Keempat orang itu, yakni Jayadi alias Aji Yahya, Sudaryanto alias Nano bin Supandi, Ponto Khair Iskandar bin Khairudin, dan Muhammad Iqbal bin Muhammad Guntur.
“Barang bukti yang disita 166 kilogram ganja dan sebuah kendaraan Daihatsu,” katanya.

Baru yang terakhir Polisi akhirnya menangkap Rusdi dan Sulaiman. Penangkapan dua orang ini dilakukan oleh penyidik dari Subdit IV Bareskrim Polri yang dipimpin olehdiKompol Dony Setiawan. Kesembilan orang tersangka ini adalah satu sindikat narkoba yang berasal dari Aceh.

Para pelaku dikerat dengan Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba, sangkaan sekunder yakni Pasal 115 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) serta Pasal 111 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU yang sama. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.