Rabu, 17 Juli 19

Jadi Korban Hoax, Kemendagri Tegaskan Perpanjangan Izin FPI Masih Dievaluasi

Jadi Korban Hoax, Kemendagri Tegaskan Perpanjangan Izin FPI Masih Dievaluasi
* Isu hoax izin FPI. (Foto: medsos)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan perpanjangan izin ormas Front Pembela Islam (FPI) masih dalam tahap evaluasi. Penegasan itu disampaikan sekaligus membantah isu yang menyebutkan bahwa Kemendagri telah menolak perpanjangan izin FPI.

 

Baca juga:

Hikam: Jadi Oposisi Pasca Pilpres, Pengaruh FPI di Kancah Politik Indonesia Akan Semakin Terasa

TNI-Polri Jember Ajak FPI Patroli Gantikan Sweeping

Demi Bela Habib Rizieq, Dua Anggota FPI Ditangkap Karena Menghina Jokowi

 

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar memastikan isu dan informasi yang beredar soal itu adalah bohong alias hoaks. Bahtiar mengatakan, izin ormas FPI terdaftar dengan Nomor SKT 01-00-00/010/D.III.4/VI/2014.

“Soal berita yang tengah viral di Instagram, YouTube, maupun media sosial yang menyebutkan Kemendagri tolak perpanjangan izin FPI, itu tidak benar alias hoax, karena hingga saat ini Kemendagri masih melakukan evaluasi,” ujar Bahtiar dalam keterangan tertulis, Rabu (10/7/2019).

Pihaknya memastikan telah menjadi korban berita hoax. Kabar yang menyebutkan bahwa Kemendagri telah menolak perpanjangan izin FPI beredar luas di media sosial, di mana salah satu highlight dalam kabar tersebut adalah ‘Kemendagri Tolak Perpanjangan Izin FPI’. Isu ini menjadi viral di YouTube hingga Twitter.

“Judul headline di atas tidak benar adanya. Mohon diperbaiki. Hingga saat ini, perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Ormas FPI, masih dievaluasi oleh Kemendagri. Untuk informasi yang valid terkait Kemendagri, silakan cek di web resmi www.kemendagri.go.id,” tulis akun @kemendagri.

Sebagaimana diketahui, izin ormas FPI terdaftar dengan Nomor SKT 01-00-00/010/D.III.4/VI/2014. Masa berlaku surat keterangan terdaftar (SKT) FPI terhitung sejak 20 Juni 2014 hingga 20 Juni 2019. Kemudian FPI mengajukan perpanjangan SKT dan hingga saat ini masih dalam evaluasi Kemendagri. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.