Selasa, 19 Oktober 21

Jackie Chan Diberi Gelar Datuk di Malaysia, Salahkah?

Jackie Chan Diberi Gelar Datuk di Malaysia, Salahkah?

Kuala Lumpur, Obsessionnews – Aktor laga Hongkong, Jackie Chan, diberikan gelar Datuk oleh Kerajaan Malaysia pada Minggu (1/2/105). Meski banyak orang yang mempertanyakan pemberian gelar tersebut, namun artis lokal sangat menyambut penganugerahan Jackie bergelar Datuk karena dinilai telah berkontribusi kepada industri hiburan.

Aktris kawakan dan pelatih akting Fatimah Abu Bakar mengatakan kepada The Rakyat Pos, ia sadar bahwa banyak yang mempertanyakan kapasitas untuk Chan yang akan diberikan gelar karena ada banyak orang Malaysia lain yang pantas untuk diakui.

“Beberapa orang tidak senang, bertanya mengapa Yang di-Pertuan Agong tidak berikan penghargaan kepada orang-orang kita gelar itu, untuk ini saya akan katakan bahwa itu adalah keberuntungan dan kami tidak boleh iri tentang hal itu,“ ujar Fatimah.

Menurut dia, hal itu sebagai bentuk apresiasi untuk semua kontribusi yang telah diberikan kepada industri hiburan. “Ini adalah cara negara kita mengucapkan terima kasih dan kami menghargai bakatnya, dimana banyak orang Malaysia bisa dikatakan pantas untuk itu,“ pungkasnya.

Ia pun menilai, sang ‘superstar’ Jackie Chan itu mungkin telah berkontribusi untuk negara dengan cara yang lebih personal. Meski orang-orang menganggap Jackie Chan belum pantas menerima gelar dari Malaysia itu, harus percaya bahwa Yang Dipertuan Agung Tuanku Abdul Halim Mu’adzam Shah memiliki alasan lain untuk member gelar kepada bintang laga kungfu tersebut.

Selain itu, lanjut dia, bukankah ini baik untuk negara kita, juga? Ketika ia pergi ke negara-negara lain dan awak media yang ada bertanya apa singkatan Datuk, ia mungkin menjawab kepada mereka, bahwa itu adalah gelar yang diberikan oleh kerajaan Malaysia. “Itu akan menunjukkan pada dunia bahwa kita adalah negara yang yang menghargai bakat mereka dari setiap bagian dari dunia,” tandas Fatimah.

Jackie Chan-

Dalam hubungannya dengan hari Teritori Federal kemarin, Jackie Chan telah dianugerahi penghargaan bergelar Datuk oleh Panglima Mahkota Wilayah. Sebelumnya Aktor Bollywood Shah Rukh Khan dan Artis Mandarin Michelle Yeoh juga pernah mendapatkan gelar yang sama.

“Ini bukan hal yang baru artis non lokal. Jadi tidak perlu untuk umum atau artis lokal lainnya sengit tentang hal itu, saya tidak berpikir ada sesuatu yang salah dengan mengakui dan memberikan bakat luar,  bahkan saya setuju dan menghargai langkah, tidak perlu bagi kita untuk mempertimbangkan catatan kewarganegaraan seseorang untuk memenuhi syarat mereka untuk penghargaan ini,“ kutip fatimah.

Jackie Chan berada di antara 356 penerima penghargaan dan medali, Laporan Star, 71 menerima gelar yang sama Ksatria Panglima sebagai superstar internasional. Jackie terkenal tidak hanya di Asia, tetapi di seluruh dunia, benar layak bintang Hong Kong ini diberikan gelar, dilansir kabar singgapore news. Aktor ini tidak hanya telah memberikan banyak kontribusi untuk industri film, ia juga telah terlibat dalam banyak proyek kewirausahaan dan filantropi.

Jackie Chan akan terlihat dalam film terbarunya, “Dragon Blade”, yang dilaporkan ini merupakan film Cina yang paling mahal yang pernah dibuat, akan terlibat dengan tidak hanya bintang film Cina, tetapi juga Hollywood dan bintang Korea. “Dragon Blade” akan hadir di bioskop 19 Februari nanti. (Popi Rahim)

Related posts