Senin, 27 Mei 19

Jack Dorsey Peroleh Ide Ciptakan Twitter di Universitas New York

Jack Dorsey Peroleh Ide Ciptakan Twitter di Universitas New York
* Pencipta Twitter Jack Dorsey. (Foto: fortunedotcom)

Jakarta, Obsessionnews.comSiapa yang tak kenal dengan Twitter? Salah satu layanan jejaring sosial media yang paling sering dikunjungi di internet, yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).

Twitter didirikan pada  Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada Juli. Dorsey lahir pada 19 November 1976. Dia seorang pengembang web dan pengusaha Amerika Serikat yang dikenal sebagai pencipta Twitter dan pendiri serta CEO Square, layanan pembayaran pada perangkat seluler.

twitter
Ilustrasi pengguna akun Twitter. (foto: Kapoy/OMG)

Pada tahun 2008 dia dinobatkan oleh MIT Technology Review TR 35 sebagai salah satu dari 35 inovator paling bersinar di dunia yang berusia di bawah 35 tahun. Pada 2012 ia dianugerahi penghargaan “Innovator of the Year Award” oleh The Wall Street Journal.

 

Baca juga:

Tagar #LampungBangkitBersamaJokowi Jadi ‘Trending Topic’ di Twitter

Luar Biasa! Tagar #ReuniAkbar212diMonas Bertengger di Puncak ‘Trending Topic’ Twitter

Tagar #HariPahlawan Duduki Peringkat Pertama ‘Trending Topic’ di Twitter

 

Dorsey besar di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat. Letaknya di bagian tengah. Tepatnya di negara bagian Missouri. Pada tahun 2005 kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 352.572 jiwa dengan memiliki luas wilayah 171,3 km². Kota ini memiliki kepadatan penduduk sebanyak 2.198,1 jiwa/km². Di wilayah metropolitan, berjumlah 2.786.728 jiwa. St. Louis pernah menjadi penyelenggara Olimpiade musim panas ke-3 dan World’s Fair pada tahun 1904.

Dia dibesarkan sebagai penganut Katolik. Pamannya adalah seorang pendeta Katolik di Cincinnati. Pria berusia 42 tahun ini belajar di sekolah Katolik Bishop DuBourg High School, lalu melanjutkan ke Universitas Sains dan Teknologi Missouri, dan kemudian pindah ke Universitas New York.

 

Baca juga:

Tagar #4TahunJokowi Jadi ‘Trending Topic’ di Twitter

Tagar #HariBatikNasional Duduki Puncak ‘Trending Topic’ di Twitter

Israel Mata-matai Pengguna Facebook dan Twitter

 

Di universitas tersebutlah ia memperoleh ide menciptakan Twitter. Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Dorsey mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Pengerjaan proyek ini dimulai pada  21 Maret 2006, ketika Dorsey mempublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: “just setting up my twttr“.

Sejak diluncurkan Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di internet, dan dijuluki dengan “pesan singkat dari internet”. Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga  Januari 2013 terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif.

Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013 pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 500 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat 22.

Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran.

Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan peladen tambahan terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio. Mei 2015 Twitter telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna, 302 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Hingga saat ini Twitter memiliki 335 juta pengguna aktif bulanan dalam triwulan kedua 2018. (Poy)

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.