Senin, 6 Juli 20

Jabat Dirut TVRI, Siapa Iman Brotoseno?

Jabat Dirut TVRI, Siapa Iman Brotoseno?
* Iman Brotoseno. (Foto: Kompas.com)

Jakarta, Obsessionnews.com — Iman Brotoseno resmi menjabat sebagai Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik TVRI untuk periode 2020-2023. Iman menggantikan posisi Helmy Yahya yang sebelumnya dipecat oleh Dewan Pengawas (Dewas) TVRI.

 

Baca juga: Tak Pertimbangkan Etika, Pemilihan Dirut TVRI Berpotensi Ciptakan Kegaduhan

 

Sebelum dilantik, Iman dinyatakan telah berhasil menyelesaikan tahapan seleksi mulai dari administrasi, makalah, pendalaman makalah, assessment test, wawancara Panel Ahli III, hingga uji kepatutan dan kelayakan oleh Dewas TVRI.

Namun kemunculan nama Iman di hadapan publik menuai pro dan kontra. Selain karena prosesnya tidak menghargai sidang kasus pemecatan Helmy Yahya yang hingga kini masih bergulir di Pengadilan TUN, sosok Iman dinilai banyak kalangan tidak memiliki kompetensi.

Lantas siapakah Iman Brotoseno sebenarnya?

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (29/5/2020), disebutkan, Iman merupakan Lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). Ia memilih untuk menggeluti dunia perfilman. Sosok Iman sudah malang melintang di dunia produksi film dan iklan Tanah Air sejak akhir tahun 1990-an.

Ia menyutradarai film, iklan, dan dokumenter. Pernah juga mengerjakan sinetron FTV hingga video musik klip. Secara khusus, Iman mendalami fotografi dan videografi bawah laut. Ia suka menyelam.

Menurut catatannya, ia merupakan instruktur selam dari Professional Association of Diving Instructors (PADI).

Iman saat ini diketahui merupakan film director and executive producer di Orange Waterland Films. Iman juga mengemban tugas sebagai Ketua Asosiasi Pekerja Film Iklan Indonesia.

Film 3 Srikandi merupakan karya pertamanya sebagai sutradara layar lebar yang dirilis pada 2016.

Selain sebagai sutradara, Iman merupakan pegiat media sosial dan penulis blog (blogger). Tulisan-tulisan Iman tentang film hingga sejarah dituangkannya di blog.imanbrotoseno.com.

Alumnus National Film and Television School London itu juga aktif di media sosial seperti Twitter melalui akun @imanbr.

Menurut pengakuan Iman, ia memang menyukai sejarah. Sebab, ia ingin selalu mencari jawaban atas lubang-lubang sejarah bangsa ini. Namun, kata Iman, bukan berarti ia mempersoalkan siapa benar atau salah.

Belakangan Iman disebut pernah menjadi kontributor Majalah Dewasa Playboy Indonesia, Male Emporium, Majalah Chic Photo Video dan Nikonia pada artikel dan fotografi bawah air serta perjalanan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.