Rabu, 20 Oktober 21

Istana Tak Kecewa Israel Larang Menlu RI Masuk Palestina

Istana Tak Kecewa Israel Larang Menlu RI Masuk Palestina
* Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi SP.

Jakarta, Obsessionnews – Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi Sapto Pribowo, menyatakan larangan Israel yang tidak memperbolehkan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Masudi masuk ke wilayah Palestina lantas membuat pemerintah RI kecewa.

“Nggak kan sudah dilantik. Indonesia itu gak punya hubungan diplomatik dengan Israel,” ujar Johan kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/3/2016).

Menurut Johan meski ada larangan, Menlu pastikan pelantikan Konsul Kehormatan pertama Indonesia di Palestina, Maha Abu-Shuseh tetap berjalan. Pelantikan itu kata Johan sebagai komitmen Presiden Jokowi kepada Palestina.

“Saya kira Menlu tentu membawa misi Presiden dan ini bentuk komitmen pemerintah Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina sehingga perwakilan di Ramallah harus dilantik di KBRI Amman,” kata Johan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah melantik Konsul Kehormatan pertama Indonesia di Palestina, Maha Abu-Shuseh, yang berkedudukan di Ramallah, Minggu (13/3/2016).

Upacara pelantikan dilakukan di KBRI Amman, dengan dihadiri Menlu Palestina Riyad al-Maliki, para duta besar negara-negara ASEAN dan OKI di Amman.

Pelantikan Konsul Kehormatan RI untuk Palestina tidak dilakukan di Ramallah karena beberapa saat menjelang keberangkatan Menlu RI beserta delegasi menuju Ramallah, Israel tidak memberikan izin.

Dengan demikian, helikopter Angkatan Udara Jordania yang membawa Menlu Retno terpaksa kembali ke Amman. Kejadian itu tidak menyurutkan determinasi Indonesia untuk melantik perwakilan diplomatiknya di Ramallah. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.