Sabtu, 25 September 21

Gubernur Sumbar Minta Warganya

Gubernur Sumbar Minta Warganya

Padang, Obsessionnews – Seorang muslim dan muslimah yang komit dengan agamanya, akan tetap menjaga sholatnya setiap waktu. Komitmen seorang muslim dan muslimat akan terlihat dalam kualitas dan kuantitas shalat lima waktunya. Karakter demikian sebaiknya menjadi momentum yang sangat berharga pada peringatan Isra’ Mi’raj.

“Karena salat merupakan satu-satunya ibadah yang dijemput khusus ke langit. Sementara kewajiban yang lainnya turun ke bumi dengan perantara Jibril tanpa dijemput langsung Rasulullah,” sebut Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno pada peringatan Isra’ Mi’raj di Mesjid Raya Sumbar Jum’at (22/5).

Irwan Prayitno meminta kepada masyarakat untuk menjadikan perayaan Isra’ Mi’raj tahun ini sebagai momentum untuk perbaikan shalat dan lebih taat beribadah. “Sangat sedikit yang menyadari, bahwa segera setelah selesai perjalanan suci itu, Rasulullah kembali ke bumi dengan satu bekal kehidupan yaitu shalat,” kata Irwan.

Perjalanan Isra’ Mi’raj merupakan suatu perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan dilanjutkan ke Sidratul Munthaha dan kembali ke bumi dengan satu bekal hidup yaitu shalat. “Pesan dari perjalanan itu, kita dituntut untuk turun ke bumi ini dengan membawa bekal shalat,” tutur Irwan.

Sementara Irsyad Safar dalam ceramahnya menyampaikan, salah satu peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah hidup Rasulullah SAW adalah peristiwa perjalanan Nabi pada malam hari dari Masjidil Haram ke Mekkah menuju masjid al Aqsa di Palestina.

“Semua kejadian yang terjadi karena mahluk adalah biasa, sedangkan yang berasal dari Yang Maha Esa adalah luar biasa. Bila Dia berkehendak, maka jadilah, bila Dia tidak berkehendak maka tidak pernah terjadi,” kata Irsyad Syafar.

Ia menekankan, perjalanan Nabi Muhammad pada malam Isra’ Mi’raj tidak perlu diperdebatkan, apakah Isra’ Mi’raj dengan ruh atau jasad. “Bila di imani bahwa ini perbuatan Allah SWT. Dia lah yang memperjalankan hambanya, bukan nabi Muhammad yang berjalan sendiri maka selesailah perdebatan,” sebut Irsyad menekankan. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.