Minggu, 29 Januari 23

Iriana Jokowi Ajak Ibu-ibu Karyawan PT Ecco Periksa IVA

Iriana Jokowi Ajak Ibu-ibu Karyawan PT Ecco Periksa IVA
* Ibu Negara Iriana Jokowi.

Sidoarjo, Obsessionnews.com Ibu Negara Iriana Jokowi menyosialisasikan program IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat) kepada karyawan PT PT Ecco Indonesia di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu Iriana mengingatkan pentingnya pemeriksaan IVA bagi ibu rumah tangga.

“Ini bukan kepentingan saya tapi untuk kepentingan ibu-ibu semua yang ada di sini, karena dengan pemeriksaan ini kita ingin mengetahui apakah ada gejala atau tidak,” ujar Iriana, Kamis (27/6/2016).

IVA Tes merupakan alternatif skrining untuk kanker serviks. Tes sangat mudah dan praktis dilaksanakan, sehingga tenaga kesehatan non dokter ginekologi, bidan praktek bisa melakukannya. Prosedur pemeriksaannya sangat sederhana, permukaan serviks/leher rahim diolesi dengan asam asetat, akan tampak bercak-bercak putih pada permukaan serviks yang tidak normal.

Iriana didampingi Ibu Wakil Presiden, Mufidah Yusuf Kalla dan sejumlah pengurus dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Kehadirannya untuk meninjau program IVA Test.

“Syukur alhamdulillah saya bersama Ibu JK dan ibu-ibu OASE sampai di sini dengan penyambutan dari jalan gerbang sampai ke sini alhamdulillah semangat semua, dan juga terima kasih atas waktunya untuk karyawan bisa memeriksakan iva ini,” ungkap Iriana.

Pemeriksaan IVA di PT PT Ecco Indonesia sendiri akan berlangsung selama 4 hari berturut-turut. Pemeriksaan ini melibatkan 1.250 orang tenaga kerja wanita oleh Tim Dokter dari Direktorat Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kemenaker.

“Mudah-mudahan nanti semuanya sehat. Saya kira cukup, karena waktu. Saya akan ke lokasi langsung untuk mengecek pemeriksaannya,” tutup Ibu Negara.

Kegiatan IVA Test ini diharapkan dapat menjadi pelopor di daerah Jawa Timur dan sekitarnya diharapkan pula dapat terus berlangsung sebagai bentuk upaya pemerintah menurunkan jumlah kanker serviks di Indonesia, serta sebagai upaya pencapaian produktivitas kerja dan peningkatan daya saing pada pekerja perempuan di Indonesia.

Laporan hasil konsultasi WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat atas prakenker (High-Grade Pracancerous Lesions) dengan sensitivitas sekitar 66-96% dan spesifitas 64-98%. Sedangkan nilai predeksi positif (positive predictive value) dan nilai prediksi negatif (negative predictive value) masing-masing antara 10-20% dan 92-97%.

Dari PT Ecco, Ibu Negara beserta rombongan melanjutkan kunjungan kerja menuju Puskesmas Candi Jln. Moh Ridwan No. 5, Desa Gelam, Kecamatan Candi untuk meninjau program yang sama. Di lokasi ini selain meninjau, Iriana juga membagikan selendang bermotif batik kepada masyarakat dan berfoto bersama petugas kesehatan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.