Minggu, 17 Oktober 21

Ireng Maulana Tutup Usia

Ireng Maulana Tutup Usia
* Ireng Maulana.

Jakarta, Obsessionnews – Dunia musik tanah air mendapat kabar duka. Adalah musisi jazz kenamaan Ireng Maulana yang meninggal dunia di usia 71 tahun, Minggu dini hari tadi (6/3/2016).

Kabar duka itu muncul di tengah kemeriahan perhelatan Java Jazz Festival 2016 hari kedua. Meninggalnya musisi bernama lahir Eugene Lodewijk Willem Maulana itu dikabarkan langsung melalui layar video yang terpasang di seluruh panggung BNI Java Jazz Festival 2016 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/3/2016).

“Keluarga besar Java Jazz Festival Production dan Trans Corp Turut Berbela Sungkawa Atas Wafatnya Tokoh Musisi Jazz Bapak Ireng Maulana Pada Hari Minggu 6 Maret 2016 pukul 00.25 WIB. Semoga Amal Ibadah Almarhum Diterima Disisi Allah SWT. Amin,” isi pesan duka tersebut.

Mendengar kabar duka tersebut, sejumlah musisi tanah air pun mengirimkan ucapan belasungkawa. Addie MS melalui akun twitter pribadinya @addiems berkicau: “Selamat jalan, Mas Ireng Maulana…”.

Sementara Glenn Fredly men-twit: “Terimakasih Ireng Maulana atas bakti & karyamu untuk musik Jazz Indonesia..Rest in Love om Ireng,” lewat akun twitternya @GlennFredly.

Mendiang Ireng Maulana adalah putra dari pasangan Max Maulana dengan Georgiana Sinsoe. Bakat musik pria kelahiran Jakarta, 15 Juni 1944 itu menurun dari ayahnya, seorang pemain gitar asal Cirebon dan ibunya asal Sangir, adalah seorang penyanyi yang pandai memainkan piano. Nama Ireng diperoleh pada masa kanak-kanak.

Ireng sempat mendirikan grup Ireng Maulana All Stars pada 1978 dengan 8 anggota, diantaranya Benny Likumahuwa (trombone), Hendra Wijaya (piano), Maryono (saksofon), Benny Mustapha (drum), Karim Tes (terompet), Roni, (bas), dan Ireng Maulana sendiri pada gitar dan banjo.

Dari kelompok ini terbentuklah Ireng Maulana Associates, sebuah organisasi tempat bergabung para musisi jazz di Jakarta. Melalui lembaga ini pula Ireng menyelenggarakan pesta musik jazz Internasional Jakarta Jazz Festival. Selain itu ia juga pernah ikut tampil di North Sea Jazz Festival di Belanda. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.