Minggu, 17 Januari 21

Iran Tolak HAM Versi Barat

Iran Tolak HAM Versi Barat
* Republik Islam Iran tidak bisa menerima hak asasi manusia (HAM) yang dipaksakan Barat.

Teheran – Ketua Lembaga Kehakiman Iran, Ayatullah Sadeq Amoli Larijani mengatakan, Republik Islam Iran tidak bisa menerima hak asasi manusia (HAM) yang dipaksakan Barat.

Setelah bertemu dengan Ketua Dewan Tinggi Kehakiman Irak Medhat Mahmoud di Baghdad, Minggu (30/10), Ayatullah Sadeq Amoli Larijani dalam jumpa pers bersama menuturkan, HAM yang kami ajukan, berdasarkan sumber-sumber ajaran Islam dan kami tidak berurusan dengan HAM versi Barat.

Ayatullah Larijani juga menjelaskan soal nota kesepahaman yang ditandatangani Iran dan Irak, dan mengatakan, kedua negara mencapai kesepahaman di sejumlah isu termasuk ekstradisi pelaku kejahatan, kerja sama peradilan dan memperjuangkan HAM dari sudut pandang Islam di PBB.

Terkait kerja sama Irak dan Iran di bidang perang melawan terorisme, Larijani menjelaskan, strategi Iran dalam masalah terorisme dan kejahatan-kejahatan terorganisasi serta kerja sama untuk melawannya, sama seperti startegi yang dipakai Irak.

Medhat Mahmoud dalam kesempatan itu mengatakan, Iran dan Irak memiliki pandangan yang sama terkait masalah peradilan, perang melawan terorisme dan HAM.

Ketua Dewan Tinggi Kehakiman Irak itu berharap, penandatanganan nota kesepahaman dengan Iran dapat memperluas kerja sama kehakiman dua negara, perang melawan terorisme, penyelundupan dan kejahatan-kejahatan terorganisasi, juga pendidikan tentang masalah peradilan warga Irak di Iran.

Ketua Lembaga Kehakiman Iran, dalam kerangka kunjungan tujuh hari dan untuk bertemu dengan sejumlah pejabat tinggi Irak, Sabtu (29/10) tiba di Baghdad. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.