Selasa, 29 September 20

Iran Serang Pangkalan AS, 80 Tentara AS Tewas dan 200 Luka

Iran Serang Pangkalan AS, 80 Tentara AS Tewas dan 200 Luka
* Kobaran api membumbung tinggi di Pangkalan Ain al-Asad. (ParsToday)

Serangan rudal Iran ke dua pangkalan udara Amerika Serikat (AS) di Irak telah menewaskan lebih 80 tentara AS dan 200 luka-luka.

Sebuah sumber di Korps Garda Revolusi Islam Iran (Pasdaran) mengatakan sedikitnya 80 tentara teroris Amerika tewas dan sekitar 200 lainnya terluka dalam serangan balasan Iran.

“Berdasarkan laporan akurat sumber-sumber intelijen di lapangan, helikopter AS langsung mengevakuasi tentara yang terluka dari pangkanan udara Ain al-Asad di Provinsi al-Anbar, Irak menyusul aksi balasan Pasdaran,” kata sumber tersebut kepada kantor berita Farsnews, Rabu (8/01/2020).

Beberapa media juga menyatakan bahwa pasukan AS langsung melakukan evakuasi di pangkalan Ain al-Asad dan berusaha menutupi tingkat kerugiannya.

“Pangkalan Ain al-Asad adalah sebuah kompleks strategis bagi AS, yang menjadi basis bagi drone-drone dan helikopter Amerika,” ujar sumber di Pasdaran.

“Rudal-rudal Pasdaran mengenai 20 titik penting di pangkalan tersebut, sejumlah drone dan helikopter di pangkalan Ain al-Asad telah hancur,” ungkapnya.

Tidak satu pun dari rudal-rudal Pasdaran yang berhasil dicegat oleh sistem pertahanan rudal militer AS dan seluruh rudal jatuh mengenai sasaran.

“140 posisi penting AS di kawasan telah diidentifikasi dan itu akan dihancurkan jika AS melakukan kesalahan,” tegas sumber tersebut.

Pentagon

AS Perkirakan Serangan Besar Iran Dilakukan 2 Hari Lagi
Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) mengabarkan kemungkinan dilakukannya serangan militer balasan besar Iran terhadap AS dalam dua hari ke depan.

Fars News (7/1/2020) melaporkan, seorang pejabat AS, Selasa (7/1) mengklaim, Iran sedang mempersiapkan serangan balasan besar atas fasilitas Amerika dalam 48 jam ke depan.

Pejabat yang tidak bersedia diungkap identitasnya itu dalam wawancara dengan Associated Press menuturkan, AS memperkirakan sebuah serangan penting dalam satu atau dua hari mendatang akan terjadi.

Situs televisi CNN juga mengabarkan persiapan penuh angkatan bersenjata dan sistem pertahanan udara Amerika di level regional sejak hari Senin.

Dua pejabat AS kepada CNN mengatakan, persiapan penuh ini dilakukan untuk menangkis kemungkinan serangan drone Iran, dan serangan negara ini ke target-target Amerika dalam waktu dekat.

Pasukan Italia di Irak. (ParsToday)

Pasukan Italia Tinggalkan Pangkalan AS di Irak
Ancaman Iran untuk melakukan serangan balasan ke fasilitas AS di kawasan, membuat pasukan Italia yang ditempatkan di pangkalan-pangkalan militer AS di Irak, malam lalu keluar dari sana.

Fars News (7/1/2020) melaporkan, media Italia baru-baru ini mengabarkan keluarnya pasukan negara itu dari pangkalan-pangkalan militer AS di Irak.

Kantor berita Italia, ANSA, Selasa (7/1) mengabarkan, pasukan Italia yang ditempatkan di pangkalan militer Union 3 Baghdad, malam lalu meninggalkan pangkalan tersebut.

ANSA menulis, pejabat departemen pertahanan Italia sudah menginformasikan keluarnya pasukan negara itu dari pangkalan militer AS, kepada NATO. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.