Selasa, 12 November 19

IPW Minta Polri Segera Buru Provokator Siber Kerusuhan di Papua

IPW Minta Polri Segera Buru Provokator Siber Kerusuhan di Papua
* Kerusuhan di Papua. (Foto: brilio.net)

Jakarta, Obsessionnews.comIndonesia Police Watch (IPW) meminta Polri untuk segera mengusut para provokator yang memicu meletusnya kerusuhan di Papua, terutama di Manokwari pada Senin (19/8/2019).

Untuk itu diharapkan Patroli Siber.com yang baru dilaunching Kabareskrim Polri Komjen Idam Azis beberapa waktu lalu diharapkan dapat segera memburu dan menangkap para provokator Siber, yang menjadi pemilik akun sosial dan pihak pihak yang memprovokasi hingga meletusnya kerusuhan tersebut.

IPW juga mengapresiasikan jajaran Polri dan TNI dalam mengendalikan keamanan pada kerusuhan itu. Dalam mengendalikan kerusuhan di Papua jajaran TNI Polri tampak begitu sabar, profesional, proporsional, dan tidak terpancing, sehingga amuk massa bisa mereda tanpa adanya konflik dengan aparat.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengungkapkan, meski kerusuhan sudah mereda, IPW berharap para pemilik akun sosial yang menjadi provokator kerusuhan ini harus segera diciduk. “IPW yakin bahwa Direktorat Cyber Crime yang mengelola Patroli Siber.com mampu memburu akun sosial yang memprovokasi kerusuhan itu,” ujar Neta dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/8).

Sebab, lanjut Neta, Direktorat Cyber Crime sudah dilengkapi dengan sejumlah peralatan canggih dan aparatur yang bekerja 24 jam untuk melakukan patroli cyber. Di era kampanye Pilpres 2019, patroli cyber ini berhasil memburu dan menangkap sejumlah pihak yang menyebar konten hoax yang meresahkan masyarakat.

Menurut Neta, dengan diluncurkannya Patroli Siber.com tentu akan lebih mudah lagi bagi Direktorat Cyber Crime untuk memburu pelaku hoax karena masyarakat yang dirugikan maupun masyarakat korban hoax bisa langsung melapor ke Cyber Crime.

“Sebab bisa saja para provokator Siber itu bukan berada di Papua, tapi berada di luar Papua,” ungkap pria berdarah Medan itu.

Untuk itu Direktorat Cyber Crime perlu segera membuktikan kemampuannya untuk memburu dan menangkap pelaku dan penyebar akun sosial yang memprovokasi kerusuhan Manokwari dan kota lain di Papua.

“Sehingga Polres Manokwari dan Polda Papua Barat bisa segera memproses para provokator dan pelaku kerusuhan tersebut, untuk kemudian membawanya ke pengadilan,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.