Kamis, 2 Mei 24

IPhone Baru Apple Dapatkan Chip yang Lebih Cepat, Kamera yang Lebih Baik, dan Port Pengisian Daya Baru

IPhone Baru Apple Dapatkan Chip yang Lebih Cepat, Kamera yang Lebih Baik, dan Port Pengisian Daya Baru
* Peserta melihat produk Apple baru selama acara Apple pada 12 September 2023 di Cupertino, California. (AFP/AN)

Apple pada hari Selasa meluncurkan iPhone generasi berikutnya, jajaran yang akan membanggakan kamera yang lebih baik, prosesor yang lebih cepat, sistem pengisian daya baru, dan kenaikan harga untuk model paling mewah.

Pameran di kantor pusat Apple di Cupertino, California, dilakukan ketika perusahaan tersebut mencoba membalikkan kemerosotan ringan yang menyebabkan penjualannya turun dibandingkan tahun lalu dalam tiga kuartal berturut-turut.

Kelesuan ini adalah alasan utama mengapa harga saham Apple anjlok sekitar 10 persen sejak pertengahan Juli, menjatuhkan nilai pasar perusahaan di bawah ambang batas $3 triliun yang dicapai untuk pertama kalinya pada awal musim panas ini.

Investor tampaknya tidak terkesan dengan apa yang diluncurkan Apple pada hari Selasa. Saham perusahaan tersebut turun hampir 2 persen pada hari Selasa, penurunan yang lebih tajam dibandingkan indeks pasar utama.

Seperti yang terjadi pada Apple dan pembuat ponsel pintar lainnya, keempat jenis model iPhone 15 tidak membuat lompatan besar dalam hal teknologi.

Namun Apple menambahkan cukup banyak fitur baru ke model teratas, iPhone 15 Pro Max, untuk menaikkan harga awalnya sebesar $100, atau 9 persen, dari versi tahun lalu menjadi $1.200.

Sebagai bagian dari harga dasar yang lebih tinggi, iPhone 15 Pro Max termurah akan menyediakan penyimpanan 256 megabyte, naik dari 128 megabyte untuk versi iPhone 14 Pro Max yang paling murah.

Apple membatasi harga untuk jajaran produk lainnya, dengan iPhone 15 dasar dijual seharga $800, iPhone 15 Plus seharga $900, dan iPhone 15 Pro seharga $1.000.

Meskipun mempertahankan harga tersebut pasti akan menekan margin keuntungan Apple dan memberikan tekanan lebih lanjut pada harga saham perusahaan, analis Investing.com Thomas Monteiro yakin ini adalah langkah yang bijaksana mengingat inflasi yang masih tinggi dan kenaikan suku bunga yang menekan anggaran rumah tangga.

“Kenyataannya adalah Apple berada dalam posisi yang menantang menjelang acara ini,” kata Monteiro.

Dan kenaikan harga iPhone 15 Pro Max dapat membantu Apple meningkatkan penjualan jika konsumen terus tertarik pada model premium perusahaan.

Analis Wedbush Securities Dan Ives memperkirakan iPhone 15 Pro dan Pro Max menyumbang sekitar 75 persen dari total penjualan perangkat di tahun mendatang.

Semua model baru akan tersedia di toko-toko pada 22 September, dengan pre-order dimulai Jumat ini.

Salah satu perubahan terbesar yang diumumkan Apple adalah cara baru untuk mengisi daya model iPhone 15 dan generasi mendatang. Perusahaan ini beralih ke standar USB-C yang sudah banyak digunakan di banyak perangkat, termasuk komputer Mac dan banyak iPad-nya.

Apple terpaksa menghentikan penggunaan kabel port Lightning yang diluncurkan pada tahun 2012 karena mandat yang akan diberlakukan oleh regulator Eropa pada tahun 2024.

Meskipun konsumen sering kali tidak menyukai perubahan, transisi ke port USB-C mungkin tidak terlalu merepotkan.

Itu karena standar ini sudah banyak digunakan di berbagai komputer, ponsel pintar, dan perangkat lain yang sudah dimiliki orang. Peralihan ke USB-C bahkan mungkin merupakan langkah yang populer karena standar tersebut biasanya mengisi daya perangkat lebih cepat dan juga menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Model dasar iPhone 15 telah didesain ulang untuk menyertakan potongan yang dapat berubah bentuk pada tampilan layar yang disebut Apple sebagai Pulau Dinamis untuk notifikasi aplikasi, tampilan yang diperkenalkan pada perangkat Pro dan Pro Max tahun lalu.

Model dasar juga mendapatkan chip yang lebih cepat seperti yang digunakan pada model Pro dan Pro Max tahun lalu, sedangkan iPhone 15s premium generasi berikutnya akan berjalan dengan prosesor yang lebih canggih yang memungkinkan perangkat mengakomodasi jenis video game yang sama. biasanya memerlukan konsol.
IPhone 15 Pro dan Pro Max juga akan dibekali dengan yang menurut Apple setara dengan tujuh lensa kamera.

Mereka akan menyertakan lensa telefoto bergaya periskop yang akan meningkatkan kualitas foto yang diambil dari jarak jauh. Lensa telefoto menawarkan zoom optik 5x, tertinggal dari zoom optik 10x pada Samsung Galaxy S22 Ultra premium, tetapi mewakili peningkatan dari zoom optik 3x pada iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Untuk mengantisipasi peluncuran headset realitas campuran Apple tahun depan, iPhone 15 Pro dan Pro Max juga akan memiliki opsi video spasial yang dirancang untuk ditonton di headset tersebut.

Apple membungkus model premiumnya dengan titanium yang menurut perusahaan merupakan paduan yang sama yang digunakan pada beberapa kapal luar angkasa.

Selain iPhone barunya, Apple juga mengumumkan jam tangan pintar generasi berikutnya, produk yang memulai debutnya hampir satu dekade lalu.

Apple Watch Seri 9, yang tersedia di toko-toko pada 22 September, akan menyertakan kontrol gerakan baru yang memungkinkan pengguna mengontrol alarm dan menjawab panggilan telepon dengan menjentikkan ibu jari dua kali. (ArabNews/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.