Kamis, 16 September 21

Investasi Naik Dua Provinsi Jadi Percontohan

Investasi Naik Dua Provinsi Jadi Percontohan

Jakarta, Obsessionnews – Dua provinsi di wilayah Indonesia, dinyatakan siap untuk dijadikan pelaksanaan proyek percontohan kemudahan izin investasi. Nantinya, kalau investor minat membangun di kawasan industri, bisa langsung dapat izin konstruksi pasca memegang izin prinsip.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani pada keterangan tertulisnya menyatakan, dua provinsi itu yakni Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. Sedangkan proyek percontohan ada di lima kawasan industri.

“Sementara ini baru dua provinsi ini yang siap,” sebut Franky.

Sebelumnya, penyerahan izin prinsip yang dibarengi izin konstruksi khusus kawasan industri, adalah implikasi paket kebijakan ekonomi jilid II yang diumumkan bulan kemarin. Tepat 26 Oktober 2015 lampau, hal ini sudah bisa digunakan dengan fasilitas izin investasi tiga jam.

Nantinya, investor bisa mendapat tiga produk investasi sekaligus antara lain, izin prinsip, izin pendirian Perseroan Terbatas (PT), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sedangkan izin prinsip termasuk konstruksi digabung sesuai Peraturan Kepala (Perka) BKPM no. 14 tahun 2015.

Sekedar catatan, Indonesia punya 50.254 hektar kawasan industri eksisting di 85 titik. Di pulau Jawa sendiri, ada 34.166 hektar atau 43,1% dari total luas kawasan.

Investasi pembangunan yang masuk ke dalam sektor prioritas pariwisata untuk periode Januari hingga September 2015, tercatat Rp 181,2 triliun atau naik 127,3% dari tahun sebelumnya.

BKPM juga berniat menjajaki penerapan sistem serupa di tiga provinsi lain seperti Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.