Kamis, 25 April 24

Integrasi Satu Pelindo Wujudkan Ekosistem Pelabuhan Kelas Dunia

Integrasi Satu Pelindo Wujudkan Ekosistem Pelabuhan Kelas Dunia
* Port of Tanjung Priok. (Foto: Edwin B/obsessionnews)

Jakarta, obsessionnews.com – Pemerintah mengumumkan empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pelabuhan, yakni PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III, IV, akan berintegrasi menjadi Satu Pelindo. Proses integrasi Pelindo tersebut rencananya akan terlaksana awal Oktober mendatang.

Salah satu tujuan penggabungan Pelindo adalah mewujudkan konektivitas maritim nasional dan jaringan ekosistem pelabuhan kelas dunia.

Persiapan dan pelaksanaan inisiatif strategis Pelindo Terintegrasi untuk mewujudkan tujuan tersebut akan dilakukan dalam tiga fase utama dari 2021 – 2025.

Pada fase 2021 – 2022, Pelindo akan fokus pada penyelarasan bisnis pasca intergrasi. Pada fase ini akan dilakukan standardisasi dan integrasi operasional dan komersial untuk peningkatan kualitas pelayanan serta investasi yang terintegrasi untuk pengembangan bisnis.

Kemudian pada fase 2023 – 2024 akan dilakukan Pengembangan bisnis melalui Strategic Partnership serta kolaborasi dengan pelayaran domestik & global untuk peningkatan konektivitas laut.

Selanjutnya pada 2025 adalah tahap ekspansi regional dan internasional Pelindo Terintegrasi. Di tahun ini dilakukan peningkatan pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis kepelabuhan & bisnis pendukungnya.

Pelindo II akan menjadi Perusahaan Penerima Penggabungan dan Pelindo I, III, dan IV akan bubar demi hukum tanpa proses likuidasi.

Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono dalam konferensi pers ‘Rancangan Penggabungan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III, dan IV (Persero)’ yang berlangsung secara daring beberapa waktu lalu mengatakan, Pelindo  ke depan akan memiliki kontrol dan kendali strategis yang lebih baik.

“Pengembangan perencanaan akan menjadi lebih holistic untuk jaringan pelabuhan, yang akhirnya akan menurunkan biaya logistic,” ujar Arif.

Menurut dia, pemfokusan klaster-klaster bisnis akan meningkatkan kapabilitas dan keahlian yang akan berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan melalui kualitas layanan yang lebih baik dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya keungan, aset, dan SDM. (Gia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.