Sabtu, 29 Januari 22

Inilah Wasit Wanita Muslim Berjilbab

Inilah Wasit Wanita Muslim Berjilbab
* Jawahir Roble.

Inilah wasit wanita muslim yang gesit berlari kencang dalam memimpin pertandingan sepakbola laki-laki. Meski mengenakan jilbab/hijab, tetapi si muslimah ini tidak kalah kencang berlarinya dibanding laki-laki pemain sepakbola.

Seperti dilansir bbc.com, Jawahir Roble atau biasa dipanggil JJ, adalah wasit pertama di Inggris yang berjenis kelamin perempuan yang beragama Islam menggunakan jilbab dan berkulit hitam.

Keluarga JJ hijrah dari Somalia ke Inggris untuk memulai hidup baru setelah perang sipil pecah di negara mereka. Sejak kecil, JJ adalah penggemar sepak bola. Dia bahkan sudah bercita-cita jadi wasit.

Awalnya, cita-cita itu ditentang oleh orang tuanya, dengan alasan JJ adalah seorang perempuan yang tidak seharusnya berlari-larian. Namun, larangan itu tidak mengecilkan mimpi JJ.

JJ terus bermain bola dan akhirnya dengan teguh mengatakan pada orang tuanya bahwa dia akan menjadi wasit. Kini, target JJ adalah menjadi wasit di Liga Super Wanita FA.

Untuk menutup pakaian wasit yang seharusnya menggunakan baju dan celana pendek, JJ mengenakan legging sebagai penutup auratnya.

Melihat penampilannya, JJ sempat diremehkan ketika pertama kali memandu pertandingan. Diirinya mengaku bahwa sempat diragukan oleh para pemain .

“Ketika saya pertama kali muncul ke pertandingan, Anda bisa mendengar beberapa anak laki-laki hanya terkekeh, ‘Tidak mungkin dia adalah wasit ?! tidak!’ Tapi mereka dapat melihat bahwa saya adalah wasit karena saya memakai perangkat lengkap wasit,” kenang JJ dilansir Bolatimes.

Secara kebetulan juga orang tua JJ memutuskan untuk memindahkan keluarganya ke Inggris. Keputusan itu dilakukan karena negaranya sedang dilanda perang.

Melanjutkan hidup di Inggris, JJ memutuskan untuk menjadi wasit dan belajar untuk menjadi wasit remaja di Inggris. Kesempatan emas itu pun datang ketika JJ diminta menjadi wasit sukarelawan untuk membantu liga perempuan yang bernama “Capital Girls League”.

“Saya diminta menjadi sukarelawan untuk liga perempuan yang disebut Capital Girls League dan mereka kekurangan wasit, mereka berkata kepada saya, ‘JJ apakah kamu ingin membantu?’ dan saya seperti, baiklah,” terang JJ.

Tidak perlu berpikir dua kali, orang tua JJ langsung memberi respon yang positif dengan memberikan dukungan.

“Dukungan yang saya terima semuanya positif dari orang tua dan pemain.Hal itu semakin membantu dan mendorong saya menuju kursus,” lanjutnya cerita.

Sejak saat itu lah JJ semakin menggeluti profesi sebagai wasit perempuan. Dalam menjalankan tugasnya, JJ bahkan menerapkan ajaran Islam. Dia tidak mau menyentuh pemain pria, sehingga JJ selalu menggunakan sarung tangan.

Kisah hidup seorang Jawahir Roble sangat inspiratif. Dia menyimpan mimpi memecahkan stereotipe bahwa anak perempuan pun dapat bermain bola dan anak perempuan dapat melakukan apapun yang mereka inginkan.

Jawahir Roble memiliki mimpi untuk menjadi wasit profesional ke depannya nanti. Dia ingin memimpin pertandingan di liga papan atas, seperti Liga Premier, Liga Champions, dan ajang-ajang besarnya lainnya. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.