Rabu, 12 Agustus 20

Inilah Tujuh Manusia Terburuk Menurut Rasulullah

Inilah Tujuh Manusia Terburuk Menurut Rasulullah
* Ilustrasi orang bermuka dua (sumber foto: ayobuka.com)

Sebagaimana kita ketahui bersama setiap dalam kehidupan kita, mungkin kerap terjerat pada perbuatan nista dan tercela. Perbuatan-perbuatan tersebut terkadang tak bisa dihindari dan terus terulang hingga membuat dosa-dosa menggunung. Tobat menjadi jalan keluar terbaik, agar kita terhindar dari kriteria manusia paling buruk menurut Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wassalam.

Melansir dari Sinfonews, setidaknya ada tujuh kriteria manusia-manusia paling buruk dan sifat-sifat tercela yang harus kita hindari agar kita selamat di akhirat maupun di dunia yaitu :

1. Manusia yang Bermuka Dua

“Kalian akan mendapati seburuk-buruknya manusia adalah orang-orang yang bermuka dua. Dia mendatangi kelompok yang ini dengan satu wajah, dan mendatangi kelompok lainnya dengan wajah lainpula,” (HR Mukhari dan Muslim).

Dalam hal ini diumpamakan untuk orang-orang yang munafik. Sebab mereka tidak memiliki pendirian dan keteguhan dalam imannya. Sehingga apabila berkumpul dengan orang-orang shaleh, maka mereka seakan-akan menjadi bagian dari orang-orang shaleh tersebut. Akan tetapi apabila berkumpul dengan orang-orang kafir, ia bisa menjadi lebih dahsyat kefakirannya dibandingkan kaum kafir itu sendiri.

2. Manusia yang Ditakuti oleh Sesamanya karena Kejahatannya

“Wahai Aisyah, sungguh manusia buruk kedudukannya di sisi Allah SWT adalah seseorang yang ditinggalkan dan dijauhi oleh sesamanya semeta-mata mereka takut kepada kejahatannya, “. (HR Mukhari dan Muslim).

3. Manusia yang Enggan Sadar Terhadap Ayat Suci Alquran

Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wassalam bersabda,”Di antara manusia yang terburuk adalah seorang pendurhaka lagi kurang ajar yang membaca kitab Allah SWT namun tidak tersadarkan oleh satu pun dirinya,” (HR Ahmad).

Maksudnya adalah ketika ia membaca Al-Quran namun hatinya tidak sedikitpun tersentuh atau tersadarkan. Sehingga ia tidak mempan dengan nasihat dari Allah dikarenakan hatinya telah terkunci mati dari kebaikan.

4. Manusia yang Mendapati Hari Kiamat dan Menjadikan Kuburan Seperti Masjid

“Di antara manusia terburuk adalah mereka yang mendapati hari kiamat dan orang-orang yang menjadikan kuburan sebagai masjid,” (HR Ibnu Hibban).

5. Manusia yang Mengambil Milik Orang lain Demi Gemerlap Dunia

“Di antara manusia yang paling buruk kedudukannya pada hari kiamat adalah seseorang hamba yang menghancurkan akhiratnya demi merebut harta dunia milik orang lain,” (HR Ibnu Majah). Baca Lagi : 7 Pengikut Dajjal di Akhir Zaman, Diantaranya Pemuda yang Fasih Baca Alquran

6. Manusia yang Panjang Umurnya tapi Jelek Amal Perbuatannya

Suatu hari seseorang bertanya kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wassalam, “Orang seperti apakah yang paling baik?,” beliau menjawab “Orang yang panjang umurnya dan baik amalannya,”. Dia bertanya lagi “lalu orang seperti apa yang paling buruk,” Beliau menjawab “Orang yang panjang umurnya tapi jelek amal perbuatannya,” (HR Tirmidzi).

7. Manusia yang Tidak Bisa Diharapkan Kebaikannya Justru Tidak Bisa Dirasa Aman dari Keburukanya

“Yang terbaik diantara kalian adalah orang yang diharapkan kebaikannya dan dirasa aman dari keburukannya. Sedangkan orang terburuk di antara kalian adalah orang yang tidak bisa diharapkan kebaikannya, justru tidak bisa dirasa aman dari keburukannya,” (HR Tirmidzi).

Semoga kita semua dijauhkan dari tujuh manusia terburuk sehingga dimudahkan dapat berkumpul bersama keluarga di Jannah. Aamiin. (*/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.