Minggu, 9 Agustus 20

Inilah Tujuh Dosa Besar yang Membinasakan!

Inilah Tujuh Dosa Besar yang Membinasakan!
* Ilustrasi dosa. (Foto: palembang.tribunnews.com)

Agama Islam mengingatkan kepada umatnya bahwa  di dunia ini ada tujuh dosa yang membinasakan. Saking buruknya, dosa-dosa tersebut tidak akan diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Nabi Muhammad pernah bersabda, ’Tinggalkanlah tujuh dosa yang membinasakan.”

Ketika para sahabatnya bertanya dosa apa saja yang dimaksud, Rasullah menjawab, “‘Syirik mempersekutukan Allah Subhanahu Wa Ta’ala melakukan sihir, membunuh jiwa manusia yang telah diharamkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kecuali dengan hak, makan riba, makan harta anak yatim, lari dari perang jihad, menuduh zina pada wanita mu’minat.”

Kutipan di atas diambil dari hadis riwayat Bukhari Muslim yang menjelaskan bahwa ada dosa-dosa di bumi yang tidak akan diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Dosa-dosa tersebut disebut membinasakan karena tidak hanya melukai diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitar pendosa tersebut.

Melansir dari Urbanindo dengan sedikit perubahan, setidaknya ada tujuh dosa yang membinasakan yaitu :

1. Dosa Syirik
Dosa syirik merupakan salah satu dosa yang membinasakan.

Keterangan ini dijelaskan pada surat An-Nisaa ayat 48 yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa selain syirik bagi siapa yang ia kehendakiNya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.”

Syirik merupakan bentuk kedurhakaan pertama makhluk pada sang Khalik.

Dosa ini sudah termasuk sebagai salah satu dosa terbesar dan ganjarannya adalah neraka paling dalam.

2. Praktik Ilmu Sihir

Dosa yang membinasakan berikutnya adalah belajar atau mempraktikkan ilmu sihir.

Dosa ini dianggap sederajat lebih besar dibandingkan dengan dosa syirik.

Dosa syirik dilakukan atas dasar pengingkaran, sedangkan dosa sihir dilakukan atas dasar musrik dan dapat menyakiti orang lain.

“Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaithan-syaithan pada masa kerajaan Sulaiman dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir. Padahal Sulaiman tidak kafir hanya syaithan-syaithanlah yang kafir.” (Surat Al-Baqarah ayat 102)

3. Dosa Membunuh
Tidak hanya sesama manusia, mengambil nyawa makhluk hidup lainnya dengan maksud jahat pun termasuk dalam dosa membunuh*.

Pada surat Ali-Imran ayat 21 tertulis:

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah dan mmebunuh para Nabi yang tidak dibenarkan dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil. Maka gembirakanlah bahwa mereka akan menerima siksa yang pedih.”

Agama Islam sangat teguh dalam mengatur hak-hak setiap umat muslim agar selalu hidup sejahtera.

Dosa ini tidak hanya akan merenggut hak tersebut, tetapi juga mencoreng nama baikmu di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala

4. Dosa Riba

Riba termasuk dosa yang membinasakan karena dapat menyakiti orang lain.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, “Hai orang orang yang beriman, bertakwalah pada Allah dan tinggalkan sisa riba jika kamu orang-orang yang beriman.” (Surat Al-Baqarah ayat 278)

Dosa ini berlipat ganda bila dilakukan pada orang-orang yang lebih membutuhkan dari kita.

5. Dosa Memakan Harta Anak Yatim

“Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah baligh) harta diantara mereka. Jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu adalah dosa yang besar” begitulah isi surat An-Nisaa ayat 2.

Memakan harta anak yatim hukumnya haram bagi setiap umat muslim.

Dalam Al-Qur’an, hal ini digambarkan seperti memakan api panas yang kelak akan membinasakan diri kita sendiri.

6. Dosa Lari dari Peperangan

Dosa membinasakan ke enam adalah lari dari peperangan.

Hal ini dijelaskan di surat Al-Anfaal ayat 15.

“Hai orang-orang yang beriman apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir yang sedang menyerangmu maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur).”

Menurut firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala, lari dari peperangan diibaratkan seperti berjuang di jalan Allah namun lari karena takut mati.

7. Dosa Menuduh Wanita Mukmin Berzina
Merupakan dosa besar bagi para umat muslim yang menuduh wanita baik-baik sudah berzina.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala sangat melaknat umatnya yang senang menyebarkan fitnah.

Ganjaran untuk orang-orang yang berani melukai wanita mukmin sholeh adalah tertimpa laknat serta azab besar di dunia dan akhirat seperti yang disebutkan pada surat An-Nuur ayat 23.

“Sesunguhnya orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik lagi beriman (berbuat zina), mereka tertimpa la’nat dunia dan akhirat dan bagi mereka azab yang besar.”

Semoga kita semua dapat terhindar dari tujuh dosa yang membiasakan sehingga dimudahkan dapat berkumpul bersama keluarga di Jannah.

Aamiin ya robbal alamin.

(Red)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.