Sabtu, 14 Desember 19

Inilah Timnas yang Sudah Lolos ke Euro 2020?

Inilah Timnas yang Sudah Lolos ke Euro 2020?
* Lambang Euro 2020

Euro 2020 belum akan bergulir sampai Juni 2020, tapi sejumlah tim sudah mulai memastikan diri lolos ke putaran final turnamen tersebut.

Dari 24 slot yang tersedia, sudah ada 19 tim yang memastikan tempatnya ke putaran final Euro 2020. Siapa saja mereka?

Tidak ada istilah “tuan rumah Euro” seperti yang kita kenal selama ini, karena turnamen antarnegara Eropa itu untuk pertama kalinya akan digelar di banyak negara yang berbeda.

Tersedia 24 slot untuk Euro 2020 yang diperebutkan dalam kualifikasi. Sebanyak 20 tim diambil dari juara dan runner-up grup, sementara empat sisanya melalui jalur play-off.

Berikut adalah daftar tim yang sudah memastikan diri melaju dari babak kualifikasi Euro 2020.

Tim yang sudah lolos ke Euro 2020

GrupJuaraRunner-up
AInggrisRepublik Ceko
BUkrainaPortugal
CJerman*Belanda*
DSwissDenmark
EKroasia
FSpanyolSwedia
GPolandiaAustria
HPrancisTurki
IBelgiaRusia
JItaliaFinlandia

*Masih bisa lolos sebagai juara grup atau runner-up.

 

Lolos ke Euro 2020 melalui jalur play-off
Empat slot terakhir via play-off akan diperebutkan oleh 16 tim. Menariknya, penentuan peserta play-off ini bukan melalui hasil akhir di kualifikasi grup, melainkan melalui performa tim di UEFA Nations League 2018/19.

Play-off ini terbagi ke dalam empat path atau jalur, yang masing-masing berisikan empat tim dari Liga A, B, C, dan D yang belum lolos ke putaran final Euro 2020. Tiap path memperebutkan satu tiket sehingga akan digelar laga semi-final berformat dua leg dan satu final berformat satu leg.

Undian play-off akan dilangsungkan pada 22 November mendatang, dan pertandingan akan digelar pada Maret 2020.

 

RankPath ARankPath B
1Islandia1Bosnia-Herzegovina
2TBC2TBC
3TBC3TBC
4TBC4TBC
RankPath CRankPath D
1Skotlandia1Georgia
2Norwegia2Makedonia Utara
3Serbia3Kosovo
4TBC4Belarus

Bulgaria, Israel, Irlandia Utara, dan Rumania sudah berada di babak play-off, tapi jalur atau path mereka masih belum ditentukan.

 

 

Situasi terkini di Kualifikasi Euro 2020

Grup A
Inggris sukses mengamankan kelolosan setelah menghajar telak Montenegro 7-0 di laga pamungkas grup. Sementara Republik Ceko menyusul Inggris berkat kemenangan 2-1 atas Kosovo.

Grup B
Ukraina dipastikan melaju ke Euro 2020 setelah membekap Portugal 2-1 pada 14 Oktober. Portugal lolos lewat jalur runner-up setelah menaklukkan Luksemburg 2-0 pada November ini.

Grup C
Belanda dan Jerman dipastikan lolos pada jeda internasional November ini. Jerman menang telak 4-0 atas Belarus untuk mengklaim satu tempat, demikian juga halnya Belanda meski bermain seri 1-1 melawan Irlandia Utara.

Grup D
Setelah persaingan ketat hingga laga terakhir, Swiss jadi yang pertama lolos dari grup setelah memukul Gibraltar 6-1 dan menjadi juara grup. Disusul oleh Denmark yang bermain imbang 1-1 dengan Republik Irlandia

Grup E
Kroasia sukses melaju pada November ini setelah menang 3-1 atas Slowakia. Wales bisa menyusul jika sanggup menang saat menjamu Hongaria. Sebaliknya, Hongaria yang akan lolos jika unggul di Cardiff. Adapun jika seri, Slowakia berpotensi lolos jika menang atas Azerbaijan.

Grup F
Spanyol memastikan kelolosan pada 15 Oktober setelah bermain imbang melawan Swedia pada Oktober lalu. Pada November ini, Swedia mengklaim satu tempat lewat posisi runner-up berkat kemenangan 2-0 atas Rumania.

Grup G
Polandia sudah dipastikan melaju setelah menang 2-0 atas Makedonia Utara. Austria sukses menyegel tempat sebagai runner-up lewat kemenangan 2-1 atas Makedonia Utara.

Grup H
Turki lebih dulu memastikan lolos setelah bermain imbang 0-0 dengan Islandia. Juara dunia Prancis kemudian menyusul berkat kemenangan 2-1 atas Moldova.

Grup I
Belgia jadi tim pertama yang lolos setelah sukses menghajar San Marino pada Oktober lalu. Tiga hari sesudahnya, Rusia menyusul Belgia setelah sukses mengalahkan Siprus.

Grup J
Italia jadi tim kedua yang lolos setelah mengalahkan Yunani 2-0 pada 12 Oktober. Finlandia lalu menyusul Italia dengan merebut posisi runner-up lewat kemenangan 3-0 atas Liechtenstein. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.