Jumat, 28 Januari 22

Inilah Sosok Eva Ekeblad dalam Google Doodle

Jakarta, Obsessionnews.com – Mesin pencari terpopuler Google identik menampilkan sejumlah perayaan dalam tema doodle mereka. Hari ini, Senin (10/7/2017), Google menampilkan ilustrasi sebuah talenan yang di atasnya terdapat beberapa potong kentang dan tepung yang membentuk tulisan Google.

Sosok perempuan dalam Google Doodle tersebut adalah Eva Ekeblad, sang penemu tepung kentang. Wanita kelahiran 10 Juli 1924  yang akrab dipanggil Eva ini adalah seorang agronom, ilmuwan, salonis (semacam perkumpulan rutin di antara banyak orang dalam satu atap untuk bertukar ilmu dan pengalaman), dan bangsawan Swedia.

Tidak hanya itu, dia juga menemukan cara membuat tepung dan alkohol dari kentang. Karyanya itu diakui Swedia sebagai penemuan bermanfaat.

Penemuan lain yang tak kalah penting adalah Eva membuat inovasi metode pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun pada 1751. Bahkan dia sempat bereksperimen dengan bunga kentang dan melakukan substitusi bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan bunga kentang.

Berita tentang Eva Ekeblad menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trend wilayah Indonesia pada Senin (10/7/2017) hingga pukul 13.54 WIB berita tersebut menduduki posisi ke-1 dan sudah dicari lebih dari 500.000 kali.

Dalam halaman utama situs Google di sejumlah negara termasuk Indonesia, ikut merayakan hari ulang tahun Eva Ekelab dengan doodle.

Sebagai agronom dan bangsawan yang cukup tersohor di zamannya, Eva melalui penemuannya tersebut membuat kentang menjadi lebih merakyat dan menjadi bahan makanan pokok di Swedia. (Iqbal)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.