Sabtu, 16 Oktober 21

Inilah Program Mendesak dan Strategis yang Harus Dilakukan HIMPUNI

Inilah Program Mendesak dan Strategis yang Harus Dilakukan HIMPUNI
* Ahmad Muqowam saat memimopin rapat di Rakernas HIMPUNI, Sabtu (25/11/2017).
Purwokerto, Obsessionnews.com – Himpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI) menggelar Rakernas di Gedung Yustisia Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (25/11/2017). HIMPUNI sebagai wadah atau Perhimpunan dari organisasi alumni Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dituntut untuk memberikan sumbangsih yang nyata baik pikiran, tenaga ataupun karya nyata demi terwujudnya bangsa pemenang.
Sekjen IKA Undip, Ahmad Muqowam pada kesempatan itu menuturkan, ada beberapa program mendesak dan strategis yang harus dilakukan oleh  HIMPUNI, antara lain:
1. Mengembangkan organisasi HIMPUNI agar dapat mengikut sertakan PTN di seluruh Indonesia yang kira-kira berjumlah 70 PTN yang berada di bawah Kemenristek Dikti dan jika mungkin adalah mengajak PTN lain, misalnya yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, dan Kementerian lainnya yang mengadakan pendidikan khusus.
2. HIMPUNI harus mampu mengeksplor persoalan Bangsa secara strategis menyeluruh, mengkaji dan mengkontribusikannya kepada seluruh stakeholder terkait se Indonesia. Utamanya dalam menjawab tantangan dan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dan Bangsa Indonesia.
3. Secara internal organisasi, HIMPUNI harus mampu mengkonsolidasi dan mengkoordinasikan potensi alumni yang berasal dari berbagai PT di Indonesia.
Ahmad Muqowam, mantan Ketua Komisi V DPR RI yang kini Ketua Komite I DPD RI, aktif hadir sebagai peserta di Rakernas HIMPUNI yang bertema “Sinergi Anak Bangsa Membangun Negeri”. Sedikitnya alumni dari 30 Perguruan Tinggi Negeri  di Indonesia  berkumpul di Purwokerto untuk bersatu, bersinergi membangun Indonesia menjadi Bangsa Pemenang. Bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang maju, sejahtera, adil dan makmur sejajar dengan bangsa-bangsa terpandang lainnya di dunia.
Alumni berbagai PTN Indonesia ini bersinergi menyumbangkan berbagai pokok pemikiran, program, dan tindakan nyata di berbagai bidang di antara Industrialisasi, Kewirausahaan, Daya Saing, Pariwisata, Pertanian, Keuangan, SDM, Kemaritiman dan lain-lain. Ada 16 Kelompok Kerja (Pokja) HIMPUNI yang telah dibentuk yaitu Pokja Ketahanan Pangan, Pokja Pedesaan,
Pokja Maritim, Pokja Keuangan, Pokja Ketahanan Energi, Pokja Pariwisata, Pokja Pendidikan, Pokja Industrialisasi dan Daya Saing,  Pokja Hukum, Pokja Inovasi, Pokja Perkebunan, Pokja Sospol dan Investasi; Pokja Perumahan Rakyat; Pengembangan SDM; Pokja Ketahanan Nasional, Pokja Infrastruktur  serta  Pokja Industri Kecil dan Kreatif.
Tujuan serta sasaran Rakernas HIMPUNI adalah:
• Meningkatkan ikatan persaudaraan dan kerjasama sesama anggota HIMPUNI
• Meningkatkan peran serta HIMPUNI dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara menuju bangsa pemenang demi terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur
• Menyelesaikan berbagai urusan organisasi seperti statuta dan status badan hukum HIMPUNI.
• Menindaklanjuti dan melaksanakan program-program kerja HIMPUNI khususnya dalam kepengurusan Presidium I.
HIMPUNI merupakan organisasi non partisan, independen, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan apapun serta menggandeng seluruh potensi anak bangsa para alumni PTN ini untuk bekerjasama, bersinergi membangun negeri.
Selain Pokja, HIMPUNI juga melestarikan kebudayaan nasional dengan menggelar Ketoprak Jenaka baik di Jakarta dan Surabaya serta berbagai kegiatan sosial lainnya seperti buka bersama anak yatim, kepedulian sosial seperti bencana alam dan lain-lain.
Delegasi Rakernas HIMPUNI :
Rakernas HIMPUNI di Purwokerto ini diikuti oleh :
1) Presidium  I HIMPUNI, yang terdiri dari IA ITB sebagai Koordinator dan anggotanya adalah KAUNSOED, KAUJE , IKA UNAND, IKA UNSRI, IKA UNPAD, IKA UNHAS, HA-IPB dan IKA UNM.
2) Seluruh Organisasi Alumni (OA) lainnya seperti IKA UNDIP, KAGAMA, IKA ITS, IKA UB, ILUNI, IKA UA, IKA UNRAM, IKA UPN,  IKA UNS, IKA UNIB, IKA USU dan lain-lain.
3)  Organisasi Alumni lain yang belum tergabung dalam HIMPUNI sebagai peninjau seperti  IKA UNRI; IKA UNILA; IKA Trunojoyo; IKA; UNSIL, IKA Tirtayasa; IKA UNLAM dan sebagainya.
Susunan Panitia Rakernas HIMPUNI
Steering Committee , antara lain:
–          Ali Masykur Musa (KAUJE)
–          Akhmad Muqowam (IKA UNDIP)
–          Haiban Hadjid (IKA UNSOED)
–          Dwilarso (IA ITB)
Organizing  Committee, antara lain :
–          Final Prajnanta (KAUNSOED)
–          Andrijani Sulistiowati (KAUNSOED)
–          M. Taufik Hidayat (KAUJE)
–          Surya Tri Harto (IKA UNAND)
–          Riswati (KAUNSOED)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.