Rabu, 24 April 24

Inilah Presiden ‘Termiskin’ dan Blusukan ke Rakyat

Inilah Presiden ‘Termiskin’ dan Blusukan ke Rakyat
* Jose Mujica tetap tinggal di rumah sederhananya dan bukan di istana presiden saat menjabat. (bbc.co.uk)

Uruguay – Mantan Presiden Uruguay Jose “Pepe” Mujica yang menjadi simbol hidup sederhana menjawab pertanyaan dari Indonesia dalam wawancara khusus yang dilakukan BBC di peternakannya.

Brian Sumadi melalui Facebook BBC Indonesia menanyakan, “Kenapa bapak harus memakai mobil yang sudah tua, padahal di kebanyakan negara lain para presiden berlomba lomba memakai mobil bermerek canggih hingga ada yang anti bom?”

Pepe, yang dikenal sebagai ‘presiden termiskin di dunia’, menjawab bahwa ia dapat pergi ke mana saja tanpa perlindungan ketat karena dilindungi rakyat saat menjabat sebagai presiden.

Mujica, mantan gerilyawan sayap kiri yang merampungkan masa jabatannya akhir Februari lalu, tetap tinggal di rumahnya yang sederhana dan tidak tinggal di istana presiden selama menjabat.

Dia mengatakan, “Saya tidak khawatir tentang itu (keamanan saya) karena saya dilindungi oleh rakyat saya.”
Mujica menjawab pertanyaan dari seluruh dunia dalam wawancara yang dilakukan BBC Mundo (BBC berbahasa Spanyol) akhir April lalu.

Jose Mujica yang biasa dipanggil Pepe dikenal dekat dengan rakyat. (bbc.co.uk)
Jose Mujica yang biasa dipanggil Pepe dikenal dekat dengan rakyat. (bbc.co.uk)

Tak Ada Jarak
“Saya bisa berjalan bebas di jalan-jalan dan mendapat dukungan banyak orang. Tetapi tentu saja, saya tidak mendapat dukungan dari setiap orang.”

“Presiden bisa pergi ke bar dan beli minuman atau kopi dan warga negara seperti yang lainnya juga. Tidak ada yang lebih dari lainnya,” kata Mujica menjawab pertanyaan Brian Sumadi, salah seorang pembaca BBC Indonesia.

“Bagi kami, tidak ada jarak antara politisi dan rakyat. Dan inilah tradisi, bukan sesuatu yang saya terapkan. Saya tahu ada presiden lain yang mengemudi mobilnya sendiri,” tambahnya.

“Saya ingin mempertahankan gaya republikan di masyarakat Uruguay karena saya merasa cara ini adalah yang terbaik.”

Mujica tetap menggunakan mobil VW tuanya. (bbc.co.uk)
Mujica tetap menggunakan mobil VW tuanya. (bbc.co.uk)

Soal Korupsi?
Salah satu yang paling banyak ditanyakan oleh para pembaca BBC adalah soal korupsi. “Apakah seseorang pernah mencoba menyogok Anda? Apa Anda pernah membantu teman mendapat pekerjaan (dengan menggunakan kekuasaan Anda)?” begitu bunyi salah satu pertanyaan.

Pepe menjawab bahwa dia pernah membantu orang mendapat pekerjaan, tetapi atas alasan kemanusiaan.
Ada dua orang yang dia bantu mendapat pekerjaan. Pertama, seorang pria berusia 74 tahun, teman Pepe yang kini telah meninggal. Seorang lainnya ialah teman yang menyandang difabel mental.

“Itu selama saya mengabdi kepada publik, sekitar 20 tahun. Selain dari itu, saya membantu siapa saja.”
“Saya selalu mengatakan kepada para pengusaha: ‘Jika kalian mendengar ada pejabat yang meminta suap tetapi tidak melapor pada saya, hubungan kita akan berakhir.” (BBC Indonesia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.