Rabu, 17 Juli 19

Inilah Pencetak Gol Terbanyak Dunia

Inilah Pencetak Gol Terbanyak Dunia
* Ali Daei.

Ali Daei, mantan pemain timnas sepak bola Republik Islam Iran masih berada diurutan teratas pencetak gol pertandingan tim nasional sepak bola dunia.

Seperti dilaporkan IRIB Sabtu (16/6) mengutip Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Ali Daei, mantan pemain timnas Iran dengan mencetak 109 gol di 149 pertandingan nasional antara tahun 1993-2006 menempati posisi puncak.

Cristiano Ronaldo dari Portugal dengan 88 gol di 158 pertandingan nasional antara tahun 2003-2019 berada di posisi kedua pencetak gol terbanyak dunia di laga timnas dunia.

Selain itu, timans Iran berdasarkan laporan terbaru FIFA menempati posisi pertama Asia dan ke-20 dunia dengan 1518 poin serta naik satu peringkat.

Ali Daei ketika memperkuat timnas

Ali Daei kelahiran 21 Maret 1969 adalah penyerang sepak bola Iran yang bertinggi badan 189 cm dan bermain di klub Saba Battery Tehran dan pemain tim nasional Iran. Ia telah mencetak 109 gol untuk negaranya dan pernah bermain di klub Bayern München Jerman, ia memperkuat negaranya di Piala Dunia FIFA 1998 dan Piala Dunia FIFA 2006.

Tim nasional sepak bola Iran adalah tim nasional sepak bola Iran yang berada di bawah pengawasan Federasi Sepak bola Republik Islam Iran dan merupakan salah satu tim terkuat di Asia. Pertandingan kandang mereka mainkan di Stadion Azadi yang berkapasitas melebihi 100.000 penonton.

Sepak bola di Iran tidak begitu mendapat perhatian pemerintah pada tahun 1980-an setelah Revolusi Iran pada 1979 serta akibat terjadinya Perang Iran-Irak. Awal 1990-an dunia sepak bola Iran bangkit dengan pemain-pemain berbakat seperti Ali Daei, Mehdi Mahdavikia, Khodadad Azizi dan Karim Bagheri.

Tahun 1997, Iran lolos ke Piala Dunia kedua mereka secara dramatis melalui peraturan gol tandang (away goal) setelah menahan imbang Australia 1-1 di Iran dan 2-2 di Melbourne, Australia dalam babak playoff. Pada Piala Dunia tersebut, Iran mencatat kemenangan pertamanya dalam pertandingan melawan Amerika Serikat.

Iran kembali lolos ke Piala Dunia dan tampil di Piala Dunia 2006 sebagai salah satu wakil Asia.

Pertandingan pertama Iran adalah saat bertandang ke Afganistan pada tanggal 25 Agustus 1941, sedangkan untuk pertandingan internasional FIFA pertama adalah saat bertandang ke Turki pada tanggal 28 Mei 1950.

Pada tahun 1978, Iran mencatatkan penampilan pertama di Piala Dunia setelah mengalahkan Australia di babak kualifikasi. Iran kalah dua kali dari tiga pertandingan melawan Belanda dan Peru, namun membuat kejutan dengan menahan imbang Tim nasional sepak bola Skotlandia 1-1 melalui gol Iraj Danaeifard. (ParsToday/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.