Kamis, 9 Desember 21

Inilah Penanganan Gagal Ginjal Kronis

Inilah Penanganan Gagal Ginjal Kronis
* Ilustrasi ginjal. (Foto: BBC)

Menjaga berat badan tetap ideal menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah gagal ginjal kronis. Penyakit gagal ginjal kronis adalah penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara perlahan akibat adanya kerusakan pada ginjal.

Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai macam gejala pada pengidapnya. Bahkan, gagal ginjal kronis yang tidak diatasi dengan baik dapat memicu berbagai komplikasi. Mulai dari tekanan darah tinggi, hingga anemia. Untuk itu, penanganan perlu dilakukan dengan pengobatan dan pencegahan agar kondisi ini tidak semakin memburuk.

Kenali Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Fungsi ginjal sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Ada berbagai fungsi penting ginjal, seperti menyaring dan membuang limbah, mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur sel darah merah, dan menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D.

Gagal ginjal kronis merupakan salah satu penyakit yang sangat umum menyerang ginjal. Biasanya, penyakit ini sering dikaitkan dengan faktor usia yang menua. Padahal, bukan itu saja faktor risiko gagal ginjal kronis. Gagal ginjal kronis dapat muncul ketika seseorang mengalami gangguan kesehatan yang bisa berdampak pada fungsi ginjal.

Pengidap diabetes, perokok aktif, obesitas, gangguan kardiovaskular, dan riwayat keluarga dengan kondisi ini menjadi faktor yang dapat meningkatkan seseorang mengalami gagal ginjal kronis. Selain itu, penyakit, seperti glomerulonephritis, interstitial nephritis, dan polikistik ginjal juga menjadi penyakit yang dapat memicu munculnya gagal ginjal kronis.

Gagal Ginjal Kronis Tidak Menunjukkan Gejala di Awal
Umumnya, gagal ginjal kronis tidak menunjukkan gejala apapun di awal kondisi. Kondisi ini biasanya akan diketahui saat pengidap melakukan pemeriksaan darah atau urine untuk keperluan diagnosis penyakit lain.

Gagal ginjal kronis dapat menunjukkan gejala saat kondisi ginjal sudah mengalami kerusakan yang cukup berat. Ada beberapa tanda yang menjadi gejala dari gagal ginjal kronis, seperti kelelahan terus-menerus, pembengkakan pada bagian lengan dan tungkai kaki, napas menjadi lebih pendek, rasa tidak nyaman, dan munculnya darah pada urine.

Penanganan Gagal Ginjal Kronis
Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis gagal ginjal kronis, seperti tes darah, tes urine, tes pencitraan, dan melakukan pengambilan sampel dengan melakukan biopsi.

Jika Anda didiagnosis mengalami gagal ginjal kronis, ada beberapa penanganan gagal ginjal kronis yang perlu diketahui, seperti:

Mengatasi Penyebab Gagal Ginjal Kronis
Biasanya, dokter akan mencari tahu penyebab gagal ginjal kronis yang kamu alami. Dengan begitu, dokter akan membantu mengatasi penyebab gagal ginjal agar tidak menyebabkan kerusakan ginjal yang lebih buruk.

Pengobatan Medis untuk Gagal Ginjal Kronis
Jika gagal ginjal kronis dinilai sudah cukup buruk dan menyebabkan berbagai komplikasi pada kesehatan, kondisi ini bisa ditangani dengan beberapa perawatan.

Dialisis atau cuci darah bisa dilakukan sebagai perawatan atau prosedur dalam menggantikan fungsi ginjal yang sudah tidak dapat bekerja dengan baik.

Perawatan selanjutnya adalah transplantasi ginjal. Tindakan ini dilakukan dengan pembedahan dan menggantikan ginjal yang mengalami kerusakan dengan ginjal sehat yang berasal dari donor.

Itulah beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk pengidap gagal ginjal kronis. Perawatan dan penanganan yang dilakukan bukan untuk menyembuhkan, tetapi untuk mengurangi gejala atau risiko memburuknya kondisi ginjal.

Anda juga perlu melakukan perawatan tepat bagi pengidap gagal ginjal kronis. Salah satunya dengan memperhatikan pola makan. Pengidap gagal ginjal kronis sebaiknya hindari mengonsumsi makanan tinggi garam, konsumsi makanan berprotein, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh, hindari alkohol, dan perbanyak konsumsi buah serta sayur. (Halodoc/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.