Kamis, 2 Desember 21

Inilah Pemicu Semangat Madrid di Final

Inilah Pemicu Semangat Madrid di Final
* Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo. (goal.com)

Madrid – Ada yang mengatakan Zinedine Zidane punya aura seperti Carlo Ancelotti. Punya pengaruh kuat di bench, sebuah hal logis jika kita katakan langsung pelatih asal Italia tersebut merupakan mentor bagi sang legenda Prancis.

Video motivasi dan kalimat spesial Zidane telah membakar semangat pasukan Los Blancos di final Liga Champions.

Ancelotti dan Zidane punya gaya yang sama menyikapi pemain. Pergerakan tangan mereka saat memberi instruksi di sisi lapangan terbilang serupa bahkan punya hobi sama saat pertandingan yaitu mengunyah permen karet untuk mengurangi tekanan. Lebih jauh lagi, permen karet yang mereka nikmati ternyara bermerk sama!

Dengan sejumlah kemiripan tersebut muncul pula seloroh lain yaitu bagaimana mungkin Zidane gagal mengulang ritual naik tangga juara di Eropa seperti yang pernah mereka lakukan di Lisabon dua tahun lalu. Saat itu Zidane adalah salah satu bagian dari staf pelatih El Real yang berhasil mewujudkan ambisi La Decima.

Sebelum pertemuan teknik terakhir tim dilakukan di Lisabon, Ancelotti memutar video motivasi. Video spesial sengaja dibuat yang memperlihatkan pesan dari keluarga, teman dan sosok dekat para pemain dengan tujuan mengingatkan mereka betapa pentingnya momen yang akan dihadapi dan betapa besarnya dukungan yang didapat.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (goal.com)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (goal.com)

Cara ini terbukti jitu, bahkan sejumlah anggota skuat La Decima Madrid masih mengingat hal tersebut dan membicarakannya sebelum final di Milan.

Bagaimana dengan Zidane? Kurang lebih sama tetapi karena jarak antara dua final ini terbilang dekat, pelatih pengganti Rafael Benitez tersebut menayangkan aksi para pemain sepanjang musim dengan harapan mereka mengingat semua pengorbanan yang telah dikeluarkan dan potensi hebat yang dimiliki klub untuk menuju Milan.

Sulit memang mengkaji secara ilmiah apakah cara ini efektif atau tidak tetapi faktanya Los Blancos menggelar pesta juara di Italia. Episode di Lisabon terulang di Milan dan melalui perjuangan keras, Los Vikingos berhasil mengangkat lagi si Kuping Besar untuk kali ke-11 sepanjang sejarah klub.

Selain mengikuti jejak Ancelotti dengan menayangkan video khusus sebelum duel berlangsung, gelandang Kroasia Luka Modric mengungkap komentar sang pelatih yang membakar semangat tim beraksi di tengah lapangan

“Kalian sudah bekerja keras dan pantas berada di sini. Sekarang keluar dan bertarunglah, jangan berhenti berlari. Akan ada waktunya kalian menderita tetapi tetaplah bersatu layaknya sebuah tim!”

Luar biasa Zizou… SELAMAT!

(goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.