Minggu, 20 Oktober 19

Inilah Para Pemenang Lomba Foto dan Karya Jurnalistik Energi Berkeadilan Tahun 2019

Inilah Para Pemenang Lomba Foto dan Karya Jurnalistik Energi Berkeadilan Tahun 2019
* Para pemenang kategori Karya Tulis Jurnalistik Energi Berkeadilan Tahun 2019. (Foto: Kementerian ESDM)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pagelaran Kompetisi Foto dan Karya Jurnalistik Energi Berkeadilan yang dipelopori oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendapat sambutan meriah dari para pegiat fotografi dan insan media. Para juri telah memutuskan pemenang event tahunan yang diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-74 ini.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menjelaskan setelah melalui penyeleksian ketat, para panelis telah memutuskan tiga pemenang dari masing-masing kategori, yakni karya jurnalistik, foto umum dan foto instagram.

Hasil rekapan yang ada sebanyak 64 karya jurnalistik dan 1.529 karya foto telah masuk ke meja penilai. Dari 1.529, sebanyak 832 foto masuk dalam kategori umum dan 697 masuk dalam kategori foto instagram.

“Antusiasme jumlah peserta ini menunjukkan bagaimana efektivitas Pemerintah menyampaikan pesan sektor ESDM, yakni Energi Berkeadilan kepada publik,” tutur Agung melalui siaran pers, Rabu (18/9/2019).

Karya jurnalistik milik Fadhil, jurnalis Sindo Batam, berhasil menyisihkan para pesaingnya. Ia menyoroti persoalan BBM Satu Harga di Batam dengan judul Keadilan Energi bagi Warga di Pinggir Negeri.

Pemenang kedua adalah produk jurnalistik dengan judul Terus Digenjot, BBM Satu Harga Menuju Seluruh Kecamatan 3T milik jurnalis Dunia Energi, yakni Rio Indrawan.

Selanjutnya judul Sumur Bor Dalam Dinilai Paling Tepat Atasi Kekeringan di Gunung Kidul yang ditulis oleh Jatmika Haadi Kusmargamadi dari Cendananews.com menjadi terbaik ketiga.

Sementara itu mengusung judul BBM Satu Harga di Pedalaman Papua hasil jepretan Akbar Nugoroho Dumay menjadi yang terbaik pada kategori foto umum dari 832 foto. Tempat kedua ditempati oleh Franciscus Satriya Wicaksana dengan tema Energi Surya, disusul oleh Aji Satyawan dengan karyanya Inovasi Lampu Perangkap Hama Pertanian Bawang Merah.

Tak hanya itu. Para juri juga memilih tiga foto favorit untuk kategori Instagram, yaitu Penggunaan Panel Surya Sebagai Pembangkit Listrik Sebuah Gedung (@desmondcofield), Peningkatan Porsi EBT dalam Pembangkit Listrik di Indonesia (@pongoro_foto) dan Cahaya Bahagia (@faldodaffa).

“Para peserta yang ingin melihat hasil akhir lomba foto dan karya jurnalistik bisa memantau langsung di kanal media sosial Kementerian ESDM, yaitu Instagram (@kesdm), Twitter (@KementerianESDM) dan Facebook,” tandas Agung.

Para pemenang lomba foto dan karya jurnalistik akan menerima penghargaan pada Malam Penganugerahan Subroto 2019 pada tanggal 27 September mendatang.

“Penghargaan akan diberikan langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan,” pungkas Agung. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.