Minggu, 16 Mei 21

Inilah Menu Buka Puasa yang Sehat!

Inilah Menu Buka Puasa yang Sehat!
* Contoh menu buka puasa yang sehat. (Foto: halodoc)

Saat bulan Ramadhan biasanya hidangan yang khas disajikan ketika berbuka puasa pun ramai menghiasi meja makan di setiap rumah. Sebagian besar masyarakat Indonesia mengidentikkan momen buka puasa dengan berbagai sajian manis nan mengenyangkan, mulai dari kolak hingga gorengan.

Makanan tersebut diyakini mampu mengembalikan energi setelah menahan lapar dan haus seharian penuh sebab berpuasa. Kini, semenjak gaya hidup sehat mulai banyak dianut oleh masyarakat Indonesia, tentunya ada banyak perubahan yang terjadi.

Banyak yang mulai menghindari konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi ataupun gorengan yang sarat lemak jenuh. Bila Anda juga termasuk salah satunya, tak perlu khawatir. Berikut rekomendasi menu berbuka puasa yang sehat, tanpa gorengan.

Ini rekomendasi menu berbuka puasa yang sehat

1. Kurma
Menu yang satu ini memang menjadi trademark ketika bulan Ramadhan. Selain karena dianjurkan dalam ajaran agama Islam, kurma juga memiliki kandungan gula yang cukup untuk mengembalikan energi setelah seharian penuh berpuasa. Tak hanya nikmat bila disantap langsung, kurma juga bisa diolah menjadi beragam sajian menu yang tak kalah lezatnya. Anda bisa menggunakan kurma sebagai bahan tambahan untuk bolu ataupun puding.

2. Sapo tahu
Resep masakan ini mungkin tidak terlalu populer sebagai menu berbuka. Namun, lezatnya sapo tahu pasti akan membuat kamu kembali bersemangat setelah berpuasa. Isian sapo tahu yang lengkap mulai dari seafood, ayam, hingga beragam jenis sayuran seperti wortel. Kuah sapo tahu yang gurih juga akan membantu untuk memenuhi kebutuhan elektrolit yang hilang akibat berpuasa.

3. Mashed potato
Mashed potato alias kentang tumbuk merupakan menu yang cocok disajikan ketika berbuka puasa. Kentang tumbuk dapat menjadi opsi alternatif untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat yang lebih sehat dibanding nasi putih. Selain mengandung karbohidrat, kentang juga kaya akan kandungan karotenoid yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung selama bulan puasa. Cara membuat kentang tumbuk pun relatif mudah. Kukus kentang hingga lunak. Kemudian, haluskan kentang bersama dengan mentega, susu cair, dan keju parut. Aduk hingga teksturnya menjadi sedikit lengket. Sajikan kentang tumbuh yang gurih dan creamy ini bersama dengan pelengkap yang tepat, seperti misalnya daging steak.

4. Sup ayam makaroni
Hangatnya sup makaroni dapat menjadi alternatif menu buka puasa yang nikmat untuk membuat perut lebih nyaman setelah menahan lapar seharian. Makaroni juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat mengembalikan energi dan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Rendahnya indeks glikemik ini juga dapat memperlambat proses penyerapan glukosa. Tambahkan sup ayam makaroni dengan sayuran atau seafood agar manfaatnya lebih optimal.

5. Salad
Ketika berpuasa, tubuh akan sangat membutuhkan asupan nutrisi berupa vitamin dan serat yang cukup. Salad dapat menjadi sajian buka puasa yang tepat untuk memenuhi hal ini. Sayuran pada salad tentu dapat membantumu untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat harian.

6. Gado-gado
Bila Anda kurang menyukai salad karena rasanya yang tidak familiar namun tetap ingin mengonsumsi sayuran ketika berbuka, Anda bisa memilih menu makanan lokal ini untuk berbuka puasa. Ya, gado-gado. Sayuran pada gado-gado akan memenuhi kebutuhan serat dan vitamin, sementara lauk pendampingnya seperti telur dan tahu dapat menjadi sumber protein. Sementara bumbu kacangnya dapat menjadi sumber kalori yang lezat.

7. Puding buah
Beralih ke makanan manis, salah satu menu yang disarankan untuk berbuka puasa adalah puding buah. Puding dan buah-buahan sendiri sebenarnya adalah dua hidangan yang mengandung banyak serat serta vitamin. Apabila dipadukan tentu manfaatnya akan lebih terasa. Anda bisa mengombinaskan puding dan buah yang sama, seperti misalnya puding rasa strawberry dengan potongan buah strawberry. Atau Anda juga bisa berkreasi dengan memadukan rasa yang berbeda, seperti misalnya puding vanilla dengan potongan buah mangga.

8. Oatmeal
Sebagai sumber karbohidrat, oatmeal sangat cocok disajikan ketika waktu berbuka puasa untuk mengembalikan energi tubuh. Terutama bila mengingat waktu buka puasa yang terbatas dan dekat dengan waktu tarawih, ada baiknya untuk tidak langsung menyantap menu yang berat. Oatmeal dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, cocok untuk mengganjal perut hingga selesai tarawih. Tambahkan berbagai jenis buah ataupun susu sebagai toppingnya.

9. Ikan bakar
Ikan adalah menu yang sangat rendah lemak. Untuk menjaga kadar lemaknya tetap rendah, Anda harus mengolahnya dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan cara dibakar. Pilihlah jenis ikan yang cocok untuk dibakar seperti gurami, dorang, ataupun kakap. Agar lebih sehat, pilihlah minyak zaitun sebagai pengganti mentega. Gunakan kecap manis, jeruk nipis, merica serta cabe untuk membumbui ikan.

10. Tumis Sayuran
Ketika berpuasa, mengonsumsi makanan berserat tetap penting agar pencernaan tetap lancar. Salah satu masakan yang dapat Anda buat ketika berbuka puasa adalah tumis sayuran. Anda bisa mencoba menumis sayur kangkung, bayam, sawi, atau bayam dengan campuran bahan seperti bakso, udang, atau ayam suwir sesuai selera. Agar lebih sehat, gunakan minyak zaitun saat menumis. Tumis sayuran adalah menu makanan yang sangat sehat untuk disajikan pada saat buka puasa.

11. Daging Panggang
Tidak ada salahnya berbuka puasa mengonsumsi daging sapi. Namun, pastika daging sapi yang Anda olah sudah dipangkas semua lemak dan kulitnya. Pilihlah jenis daging yang tanpa lemak dan diolah dengan cara dipanggang seperti steak agar lebih sehat. (Sayurbox/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.