Minggu, 29 Mei 22

Inilah Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Inilah Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi
* Tes tekanan darah tinggi (Alodokter)

Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan melakukan berbagai gaya hidup sehat. Mulai dari rutin berolahraga hingga menjalankan diet sehat untuk mengontrol tekanan darah.

Mengetahui berbagai jenis makanan yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu kondisi yang bisa memicu gangguan jantung, ginjal, hingga gangguan penglihatan. Biasanya, gejala akan muncul ketika penyakit sudah cukup parah, seperti sakit kepala, mimisan, mual, muntah, nyeri dada, hingga gangguan irama jantung.

Sebaiknya lakukan berbagai cara sederhana yang bisa membantu kamu menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya dengan mengonsumsi beragam makanan sehat. Berikut ini makanan yang bisa membantu turunkan tekanan darah tinggi:

1. Pisang
Pisang memiliki kandungan potasium yang bisa membantu kamu mengontrol tekanan darah tinggi. Kamu bisa mengonsumsi pisang saat sarapan atau camilan di siang hari.

2. Stroberi
Stroberi memiliki kandungan antosianin yang mampu menurunkan tekanan darah. Kamu bisa mengonsumsi stroberi dalam bentuk buah maupun mencampurkannya ke dalam salad buah.

3. Salmon
Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3. Lemak ini membantu mengurangi tingkat tekanan darah dan mengurangi peradangan.

4. Sayuran Hijau
Sayuran hijau, seperti kale, bayam, dan selada romaine merupakan jenis sayuran yang mengandung potasium tinggi. Kandungan ini bisa membantu kamu untuk mengontrol tekanan darah.

5. Buah Bit
Bit memiliki kandungan oksida nitrat yang bisa menurunkan tekanan darah. Kamu bisa mencampurkan buah bit ke dalam salad atau menjadikan buah ini sebagai jus. Namun, hindari memberikan tambahan pemanis buatan agar manfaatnya bisa dirasakan optimal.

6. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan allicin yang membantu kamu menurunkan tekanan darah. Kamu bisa gunakan bawang putih sebagai bumbu dasar untuk membuat masakan tertentu. (Halodoc/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.