Sabtu, 28 Mei 22

Inilah Makanan Penurun Gula Darah

Inilah Makanan Penurun Gula Darah
* Tes kadar gula darah. (Halodoc)

Bagi penderita gula darah, mengatur pola makan adalah bagian utama dari menjaga kadar gula darah yang sehat.

Secara umum, makanan yang paling banyak menyebabkan kadar gula darah naik adalah yang tinggi karbohidrat, yang cepat diubah menjadi energi, seperti nasi, roti, buah-buahan, dan gula.

Makanan tinggi protein, seperti daging, telur ikan, susu dan produk susu, serta makanan berminyak juga dapat secara signifikan meningkatkan kadar gula darah. Lantas, apa saja makanan penurun gula darah?

1. Buah Naga
Buah naga mengandung nutrisi yang sangat berharga dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan nutrisi buah naga adalah vitamin C, magnesium dan zat besi. Semua nilai gizinya tersebut buah naga sangat baik untuk pengidap diabetes.

Buah naga menghasilkan efek anti-diabetes dengan meregenerasi sel beta pankreas dan mengurangi risiko obesitas. Selain itu, buah ini dapat memberikan perlindungan terhadap resistensi insulin dan masalah hati berlemak yang disebabkan oleh pola makan tidak sehat.

2. Pare
Pare memiliki beberapa kandungan yang dapat bertindak seperti insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah. Pare dapat menyebabkan lebih banyak glukosa masuk ke dalam sel, dan kemudian membantu tubuh memproses dan menyimpannya di hati, otot, dan lemak.

Pare bisa membuat kadar gula darah turun terlalu rendah jika kamu meminumnya dengan obat diabetes. Selalu perhatikan glukosa darah dan tetap konsultasikan kesehatanmu dengan dokter.

3. Mengkudu
Mengkudu dapat menurunkan kadar glukosa darah karena mengandung flavonoid. Flavonoid memiliki efek hipoglikemik, sehingga baik untuk pengidap diabetes, terutama yang kadar gula darahnya sedang tinggi.

Selain bekerja sebagai makanan penurun gula darah, mengkudu secara signifikan dapat mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL pada pasien dengan hiperkolesterolemia.

4. Jahe
Jahe adalah salah satu makanan penurun gula darah yang patut dicoba. Sebagai bumbu makanan dan minuman sehat dan menghangatkan, jahe juga membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur produksi insulin.

Air jahe dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan bila dikombinasikan dengan diet sehat dan olahraga. Minum minuman jahe panas setelah makan dapat menyeimbangkan makanan berlemak yang dimakan sebelumnya.

5. Kentang
Kentang bisa menurunkan kadar gula darah ketimbang orang yang makan nasi. Kentang direkomendasikan dimakan oleh pengidap diabetes bila kentang menjadi pengganti nasi.

Kentang juga mengandung karbohidrat, namun bisa dibilang lebih sehat dari nasi. Sebagai ganti kentang, ada wortel, ubi, dan labu yang dapat menjadi alternatif lain untuk menjaga kadar gula darah seimbang. (Halodoc/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.