Senin, 17 Januari 22

Inilah Makanan Anti Kanker

Inilah Makanan Anti Kanker
* Ilustrasi makanan anti ksnker. (Foto: Halodoc)

Mengonsumsi makanan sehat menjadi salah satu kebiasaan yang perlu dilakukan untuk menghindari tubuh dari berbagai gangguan kesehatan. Bukan hanya mengoptimalkan sistem imun tubuh, mengonsumsi makanan sehat juga bisa mencegah dan menurunkan risiko penyakit kanker.

Selain kebiasaan buruk, penyakit kanker juga bisa berkembang akibat pola makan yang kurang tepat. Untuk itu, sangat penting mengetahui berbagai jenis makanan yang bisa membantu kamu untuk mengurangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Berikut ini adalah penjelasan tentang berbagai jenis makanan anti kanker seperti dilansir Halodoc.

Anjuran untuk memperbanyak asupan buah dan sayuran ternyata bukan hanya untuk kelompok usia muda. Anjuran ini perlu diterapkan oleh semua kelompok usia untuk menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur bisa membantu kamu menurunkan risiko mengalami penyakit diabetes, gangguan pada jantung, hingga penyakit kanker.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dikenal sebagai makanan anti kanker, yaitu:

1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur yang bisa menghasilkan aroma dan rasa makanan menjadi lebih lezat. Namun, beberapa orang kurang menyukai bawang putih karena aroma bawang putih yang sangat tajam.

Namun, tahukah kamu? Senyawa belerang dalam bawang putih yang menyebabkan bau tajam mampu menghentikan pembentukan zat yang memicu sel kanker, mempercepat perbaikan DNA, hingga membunuh sel kanker dalam tubuh.

2. Tomat

Tomat menjadi salah satu jenis makanan anti kanker. Kandungan lycopene dalam tomat mampu menurunkan risiko dan mencegah penyakit kanker, khususnya kanker prostat.

Tidak harus selalu tomat yang masih segar, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lycopene saat mengonsumsi tomat yang sudah diolah. Misalnya, mengonsumsi jus tomat atau sup tomat.

3. Kacang-Kacangan

Selain buah dan sayur, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan untuk mencegah penyakit kanker. Kacang-kacangan dikenal sebagai makanan dengan kandungan serat tinggi. Hal ini membantu kamu untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan penyakit kanker usus besar.

4. Stroberi

Siapa sih yang tidak suka dengan buah stroberi? Buah dengan warna merah ini memiliki kandungan air yang tinggi serta rasa yang manis dan asam. Stroberi dianggap sebagai makanan anti kanker karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.

Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C dan asam ellagic (fitokimia) yang menjadi kandungan anti kanker. Stroberi juga memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi menekan enzim perusak DNA yang terkait dengan kanker paru.

5. Wortel

Siapa sih yang tidak suka dengan sayur wortel? Selain bergizi, wortel merupakan salah satu makanan anti kanker. Kandungan beta karoten yang termasuk ke dalam antioksidan dapat melindungi membran sel dari kerusakan yang dapat memicu sel kanker. Kandungan ini juga dinilai membantu memperlambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

6. Bayam

Bukan hanya untuk menjaga kesehatan mata, kandungan lutein pada bayam bisa membantu mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh. Lutein menjadi salah satu kandungan yang bisa mencegah paparan radikal bebas yang memicu kerusakan sel di tubuh.

Itulah berbagai jenis makanan anti kanker yang mudah ditemukan dan bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Selain mencegah kanker, makanan tersebut juga bisa membantu kamu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dalam kondisi optimal. (Halodoc/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.