Selasa, 7 Mei 24

Inilah Kondisi Afghanistan Saat Ini

Inilah Kondisi Afghanistan Saat Ini
* Dr. Agus Haryanto. (ist)

Konflik dan keterbelakangan Afghanistan selain akibat perang saudara sejak 1979, juga negara ini terpecah menurut mazab, ideologi, dan garis etnik. Sudah 15 hari, yakni sejak 15 Agustus 2021 perang fisik di Afghanistan telah usai.

Peristiwa mengejutkan Taliban menguasai kembali kota Kabul dan negeri Afghanistan setelah perang selama 20 tahun Taliban mampu memaksa AS mundur dari Afghanistan serta Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah kabur. Kemenangan Taliban sungguh menakjubkan, ungkap Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Selanjutnya Einstein berharap masa depan negeri Afghanistan menjadi stabil, bila Taliban berhasil membentuk pemerintahan inklusif yang melibatkan berbagai kekuatan politik.

Dosen Hubungan Internasional, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dr.Agus Haryanto mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi kementerian luar negeri yang mengambil langkah cepat untuk mengevakuasi WNI yang ada di Afghanistan.

“Langkah cepat yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia ini merupakan amanat dari UU yaitu melindungi segenap warga negara Indonesia.” katanya.

Selain itu, Agus Haryanto yang juga merupakan wakil ketua Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) menyarankan pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah terkait perkembangan situasi di Afghanistan yaitu mengambil langkah lanjutan.

Menurutnya, saat ini tengah terjadi konflik internal yang melibatkan beberapa kelompok di Afghanistan. “Indonesia tentu tidak akan mengambil langkah untuk mencampuri urusan dalam negeri Afghanistan, tapi Indonesia dapat mendorong pembicaraan misalnya di Organisasi Konferensi Islam untuk mendiskusikan situasi di Afghanistan.

Indonesia juga dapat mendorong pembicaraan dengan negara di luar kawasan untuk membahas mengenai keselamatan warga negara Afganistan,“ ujar Ahli Politik Luar Negeri Indonesia dari FISIP Unsoed Dr.Agus Haryanto. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.