Senin, 27 September 21

Inilah Kebiasaan Buruk Bikin Rambut Rusak

Inilah Kebiasaan Buruk Bikin Rambut Rusak
* Ilustrasi rambut rusak. (Foto: CNN)

Memiliki rambut sehat merupakan impian semua orang, khususnya para perempuan yang menganggap rambut adalah mahkotanya.

Untuk itu, rambut jadi anggota tubuh yang wajib dirawat kesehatannya seperti anggota tubuh lainnya. Tapi sayangnya, masih ada kebiasaan yang dilakukan banyak orang dalam merawat rambut justru merusak kesehatan rambut itu sendiri.

Dilansir dari Times of India, ada tiga kesalahan yang seringkali dilakukan hingga merusak rambut. Apakah Anda pernah melakukannya?

Jika iya, maka mulai sekarang perbaiki kebiasaan itu agar rambut terjaga kesehatannya. Tapi, kira-kira kesalahan apa saja yang dimaksud?

Tiga Kebiasaan Buruk Merawat Rambut:
1. Q
Salah satu kesalahan paling fatal dalam merusak rambut yaitu menggunakan sampo langsung ke kulit kepala. Hal ini dikarenakan sampo memiliki kandungan kental, jika dioleskan secara langsung dapat meninggalkan penumpukan di kulit kepala.

Berujung menyebabkan rambut kering, kusam, dan juga rontok. Untuk mengatasinya, Anda perlu mencampur sampo dengan air terlebih dahulu, sebelum mengoleskan pada seluruh kepala.

Sebab campuran sampo dan air yang merata jauh lebih mudah dibilas sehingga tidak terjadi penumpukkan pada kulit kepala.

2. Menyisir rambut saat masih basah
Menyisir rambut saat masih basah kerap dilakukan karena dianggap lebih mudah memisahkan rambut. Namun ternyata hal yang sudah menjadi kebiasaan itu merupakan kesalahan besar.

Ketika kamu menyisir rambut pada kondisi lembut dan basah dapat menyebabkan rambut rontok. Meski rambut kering cenderung kusut, namun hal ini lebih dianjurkan untuk menghindari rambut rontok yang berlebihan.

Jadi, biarkan saja rambut Anda mengering terlebih dahulu sebelum disisir. Sisir mulai dari bagian bawah, kemudian naik ke bagian atas rambut.

3. Mengeringkan rambut dengan handuk
Teknik menutup kepala dengan handuk sudah dilakukan hampir semua usia, padahal hal ini merupakan tindakan yang salah. Mengikat dan menutupi rambut basah, kemudian menggosok rambut dengan handuk tidak dianjurkan sebagai cara untuk mengeringkan rambut.

Sebaiknya gunakan kain berbahan katun ataupun sutra untuk membungkus rambut, dan biarkan saja selama 15 menit. Kain akan membantu menghaluskan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Itulah tiga kesalahan yang harus Anda hindari untuk mencegah rambut rusak. Bagaimana kebiasaan lama Anda dalam merawat rambut? Jika masih salah, jangan ragu untuk mengubahnya agar rambut Anda tetap sehat, kuat, dan terhidrasi. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.