Selasa, 5 Maret 24

Inilah Jurus Atasi Rasa Ngantuk Berat di Kantor

Inilah Jurus Atasi Rasa Ngantuk Berat di Kantor

Ada tiga jurus sederhana untuk melawan rasa mengantuk berat saat di kantor atau sebelum rapat maupun kuliah. Apakah Anda kesulitan untuk membuka mata lebar-lebar saat jam kerja di kantor? Dilansir dari Healthshots, berikut beberapa tips agar tidak cepat mengantuk.

Sedikit mengantuk selama jam kerja mungkin bukan masalah besar jika Anda bekerja dari rumah. Anda selalu bisa tidur siang. Namun, rasa lelah dan ngantuk di lingkungan kantor mungkin berbeda.

Saat kita bergulat dengan perubahan di dunia pasca-pandemi dan melanjutkan model kerja-dari-kantor, kita harus tahu cara berhenti mengantuk di tempat kerja.

Tingkat energi dan produktivitas harian Anda di tempat kerja tidak diragukan lagi bergantung pada pola makan Anda, dan jumlah tidur yang mungkin Anda dapatkan pada malam sebelumnya.

Kurang tidur pasti akan menyebabkan kantuk. Anda mungkin memiliki mata berair dan mungkin terus menguap juga!

Sebaliknya, jika Anda cukup tidur tetapi masih merasa lelah dan mengantuk di tempat kerja, penyebabnya mungkin karena pola makan yang buruk.

Dehidrasi meningkat dengan sedikit tidur, yang berdampak langsung pada seberapa baik kinerja Anda. Kurangnya hidrasi yang memadai dapat membuat Anda merasa lesu atau lemah dan Anda mungkin tidak melakukan apa-apa.

Anda juga merasa lebih lesu setelah makan siang sehingga semakin sulit untuk menghadiri rapat di tempat kerja atau kuliah di sekolah atau kampus setelah makan siang. Ada beberapa alasan berbeda untuk merasa mengantuk setelah makan.

Beberapa hal yang Anda makan dapat menyebabkan produksi hormon yang dapat membuat Anda lelah. Terkadang, kadar gula darah meningkat setelah makan. Insulin memasuki aliran darah untuk menghilangkan gula darah dan mengirimkannya ke sel untuk energi.

Tingkat kelelahan Anda mungkin terpengaruh jika Anda tidak memiliki cukup insulin atau jika kadar gula darah Anda naik. Selain itu, seberapa banyak Anda makan dapat berdampak.

Namun terkadang, menggunakan titik-titik tekanan tertentu di tubuh Anda dapat membantu Anda berhenti merasa mengantuk, kata pakar yoga dan naturopati Dr. Ankita Dhelia di Instagram.

Tiga gerakan untuk membantu Anda segera berhenti mengantuk:
1. Tarik dan putar telinga
2. Tekan tulang di belakang telinga dan tarik napas cepat
3. Tekan dan gosok titik tepat di bawah hidung

Titik-titik tekanan ini membantu Anda menghindari kantuk di siang hari dan merasa segar.

Beberapa cara lain untuk menghindari kantuk:
1. Jalan-jalan sebelum bekerja
Sebelum berangkat kerja, berolahragalah dan udara segar dapat membantu Anda tetap terjaga. Jika Anda berjalan-jalan saat matahari terbit, itu akan membantu Anda menjadi lebih sadar.

2. Minum kafein
Meminum secangkir kopi, teh, atau minuman berkafein lainnya dapat meningkatkan indera Anda dengan cepat namun kuat. Tetapi berapa banyak kafein yang diperlukan untuk Anda? Ini berbeda dari orang ke orang tergantung pada seberapa sensitif Anda terhadap kafein. Disarankan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein dalam sehari karena bisa tidak sehat.

3.. Tetap terhidrasi
Minum banyak air karena akan membantu Anda tetap terjaga. Kurangnya hidrasi dapat membuat Anda merasa mengantuk. Jadi, lebih baik minum air putih dari waktu ke waktu.

4. Ikuti jadwal tidur
Jika Anda tidur nyenyak selama 6 jam setiap malam, Anda akan mengurangi kemungkinan merasa mengantuk di tempat kerja. Jadi, jangan coba-coba tidur 2-3 jam karena bisa membuat Anda kurang produktif.

Cobalah cara-cara ini untuk melewati hari dan berhenti merasa mengantuk. Jika kelelahan Anda berlangsung lebih dari beberapa minggu, singkirkan kondisi serius dengan menemui dokter. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.