Rabu, 12 Agustus 20

Inilah Ilmuwan Perempuan Arab yang ke Luar Angkasa

Inilah Ilmuwan Perempuan Arab yang ke Luar Angkasa
* Sarah Al-Amiri.

Uni Emirat Arab ( UEA) meluncurkan wahana antariksa bernama Hope ke planet Mars. Proyek ini disiapkan selama 6,5 tahun dan akan diberangkatkan dari Pusat Antariksa Tanegashima, Jepang pada Rabu (15/7/2020).

Misi “Hope”, atau Al Amal dalam bahasa Arab, diperkirakan akan mencapai orbit Mars pada Februari 2021, yang menandai peringatan ke-50 penyatuan Uni Emirat Arab oleh aliansi 7 syekh. Sesampainya di sana, pesawat Uni Emirat Arab akan mengitari planet itu selama 687 hari.

Ilmuwan yang bertanggung jawab atas misi ini adalah Sarah Al-Amiri. Menurutnya, ini adalah lompatan besar bagi dunia Arab karena akan membuka peluang misi selanjutnya menuju planet lain.

“Misi penting ini bertujuan mempelajari atmosfer Mars setiap saat dari segala musim,” tuturnya.

Sarah, yang juga menjabat Menteri Ilmu Pengetahuan Tingkat Lanjut Uni Emirat Arab, menuturkan bahwa misi ini nantinya akan menjawab misteri yang selama ini belum terpecahkan, bahwa Planet Mars pernah biru seperti Bumi, serta memiliki laut dan sungai.

Tidak hanya soal eksplorasi luar angkasa, Sarah juga berharap misi ini bisa meningkatkan ketertarikan anak-anak, terutama anak perempuan terhadap ilmu pengetahuan. (BBC News)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.