Senin, 8 Agustus 22

Inilah Gol Hantu yang Pernah Terjadi di Piala Dunia

Inilah Gol Hantu yang Pernah Terjadi di Piala Dunia
* Gol hantu Frank Lampard. (Grid.ID)

Piala Dunia 2010 mungkin adalah momen yang paling ingin dilupakan oleh Frank Lampard, turnamen yang diwarnai dengan gol hantunya.

Tepat tanggal 27 Juni ini, 12 tahun yang lalu, gol Lampard dalam laga Jerman versus Inggris tidak pernah diakui meski telah melewati garis gawang.

Kenangan buruk itu terjadi saat Inggris bertemu Jerman di babak 16 besar. Saat itu The Three Lions tertinggal 2-1 dan mulai meningkatkan serangan.

Lampard melepaskan tendangan indah yang membentur bagian bawah mistar atas gawang Jerman, bola pantulan melintasi garis gawang namun tidak disahkan sebagai gol oleh wasit.

Hasil akhir pertandingan dimenangkan oleh Jerman dengan skor 4-1, namun seandainya Inggris bisa menyamakan kedudukan lewat aksi Lampard tersebut bisa saja jalannya pertandingan berbeda.

Wasit Uruguay, Jorge Larrionda adalah perangkat pertandingan yang tidak mengesahkan gol Lampard meski dalam tayangan ulang juga terlihat melewati garis gawang.

Suporter Inggris jelas berang dengan keputusannya dan merasa tim kesayangan mereka dikecewakan dengan sistem yang cacat.

Insiden tersebut menjadi salah satu alasan mengapa FIFA memutuskan untuk menggunakan teknologi garis gawang di Piala Dunia 2014 di Brasil.

Apa kata Lampard tentang gol hantunya?

Tentang momen kontroversial di Piala Dunia, Lampard yang waktu itu bermain untuk Chelsea mengatakan tidak terlalu ambil pusing dengan kejadian itu dan justru senang insidennya memicu perubahan di dunia sepakbola.

“Saya tidak terlalu memikirkannya,” kata Lampard, yang sekarang menjadi manajer Everton.

“Saya tidak melihat banyak gunanya memiliki malam susah tidur saat memikirkan hal itu.”

“Itu mengubah permainan menjadi lebih baik, jadi saya senang. Ini adalah langkah positif untuk permainan secara keseluruhan dengan diperkenalkannya teknologi garis gawang.”

Lampard juga pernah mengungkapkan bahwa kiper Jerman sekaligus legenda Bayern Munich, Manuel Neuer, mengakui kepadanya bahwa seharusnya golnya sah.

“Ia selalu terkait erat dengan saya, karena saya sering ditanya tentang gol yang tidak pernah ada itu,” kata Lampard kepada FourFourTwo.

“Saya benar-benar bertemu dengannya pada liburan tahun lalu [2013] dan kami bercanda tentang hal itu di tepi kolam renang.”

“Ia terbuka dengan fakta bahwa itu adalah gol sah – cukup mudah untuk mengatakannya bertahun-tahun setelah kejadian itu!” (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.