Minggu, 19 September 21

Inilah Cara Tingkatkan Kecerdasan Bayi!

Inilah Cara Tingkatkan Kecerdasan Bayi!
* bayi sehat. (Foto: hellodoktor)

Tumbuh kembang bayi setiap harinya selalu memicu rasa kagum. Mereka tumbuh dengan cepat, baik dari segi fisik maupun kognitif. Bukan hanya bertambah tinggi dan berat, kemampuannya mengenali dan mempelajari hal baru juga sangat cepat.

Stimulasi dari orangtua memang sangat dibutuhkan. Terutama dalam hal meningkatkan kecerdasannya. Ada empat hal yang bisa dilakukan untuk tingkatkan kecerdasan si kecil dan penting untuk dilakukan di rumah seperti berikut ini.

1. Tummy Time
Posisikan bayi dengan tengkurap, tapi pastikan selalu dalam pengawasan. Posisi ini kerap disebut dengan tummy time yang bisa merangsang pertumbuhan otak dan kemampuan motorik bayi.

Pada awalnya si kecil mungkin tidak nyaman karena belum terbiasa. Lakukan rutin, anak akan terbiasa, bisa rutin setiap hari selama 2-5 menit.

2. Improvisasi suara
Bayi akan lebih senang dan tertarik dengan suara-suara baru. Jika sedang membacakan buku cerita pada bayi, gunakanlah suara yang bisa menariknya. Misalnya saat ada motor berjalan, tirulah suara motor, “ ngeeeeng”.

Bayi memang lebih tertarik dengan suara, gambar, bentuk dan jenis-jenis binatang. Itu semua dapat membantu bayi belajar lebih cepat.

3. Banyak bercerita
Biasakan untuk berbicara dengan bayi. Mereka akan menyerap dan mempelajari kosakata baru dan mencernanya dalam otak. Tingkatkan ritme dan intonasi saat berbicara agar bayi tidak bosan saat medengarnya. Tirulah suara bayi dan bayi akan meniru. Ini akan sangat membantunya untuk berbicara sejak dini

4. Apresiasi
Mengelusnya dan mengapresiasinya saat melakukan sesuatu akan meningkatkan hasrat bayi untuk melakukannya lagi-lagi. Karena dengan begitu bayi akan merasa diperhatikan. Melatih emosi senang, sedih dan mengajaknya untuk melakukan hal baru yang bisa menumbuhkan rasa ketertarikan dan kecerdasannya. Seperti bersorak saat ia berhasil melakukan sesuatu, bisa meningkatkan stimulus bayi menjadi lebih gembira. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.