Kamis, 8 Desember 22

Inilah Cara Bersihkan Paru-paru Para Perokok!

Inilah Cara Bersihkan Paru-paru Para Perokok!

Asap rokok sangat berbahaya bagi paru-paru, baik itu bagi perokok aktif maupun pasif. Khususnya perokok memang rentan terkena penyakit paru-paru akibat racun yang terbawa oleh asap rokok sehingga menumpuk di paru-paru.

Bagi perokok aktif memang rentan, tetapi perokok pasif pun jika dalam waktu yang lama berkumpul dengan para perokok, bisa pula mengalami apa yang namanya disebut penyakit paru-paru.

Kerusakan paru-paru disebabkan asap rokok memang membahayakan, sehingga berhenti merokok adalah solusi yang tepat. Namun jika bertahun-tahun merokok, maka dipastikan paru-paru akan terkena atau terpapar.

Hal inilah yang kemudian mengundang para ahli untuk mengemukakan pendapat, tetapi solusi bagaimana membersihkan paru-paru perokok?

Berikut ini ada 5 cara mudah membersihkan paru-paru karena racun rokok, yakni dimulai dari batuk hingga banyak minum air putih.

Namun ada tiga cara lain yang paling ampuh dan murah meriah. Berikut ini 5 cara dari 6 cara yang paling ampuh tetapi hemat biaya:

1. Batuk

Sebenarnya batuk adalah pekerjaan yang paling mudah untuk membersihkan paru-paru dari zat nikotin yang sudah menempel di paru-paru.

Jika anda perokok dan sudah terpapar racun rokok, maka cara yang paling ampuh adalah batuk, hal ini akan membantu membuang lendir dalam paru-paru.

Sebab, paru-paru perokok biasanya memungkinkan banyak lendir yang bertahan baik saat masih merokok atau berhenti merokok.

Batuk adalah cara paling murah, sebab lewat batuk maka tubuh kita akan merespon untuk mengeluar lendir yang menumpuk, sehingga bisa membuka saluran oksigen.

Hal ini diungkapkan oleh dr Keith Mortman dari Kompas.com, jika dengan batuk maka akan mengeluarkan lendir dan membuka rongga udara lebih baik lagi.

2. Banyak minum air putih setiap hari

Menurut dr Tommy Wibowo, dokter umum puskesmas Biro Jaya Kecamatan Tungkal Jaya Muba, minum Air putih memang sangat dianjurkan.

Selain menopang asupan mineral yang dibutuhkan tubuh, minum Air putih dalam jumlah yang banyak akan mengurangi kadar racun perokok yang mengendap di paru-paru.

Sebab, akan terbawa bersama Air putih yang kemudian disaring ginjal dan dikeluarkan lewat air seni.

3. Minum air putih hangat

Air putih hangat sangat dianjurkan. Tidak hanya menyegarkan tubuh disaat cuaca dingin, tetapi memiliki manfaat besar bagi paru-paru perokok.

Sebab menurut Ketih Mortman, minum air putih akan membantu mengencerkan lendir di paru-paru melalui saluran pernafasan.

Manfaatnya akan langsung terasa jika mengonsumsi air putih hangat, sebab dengan mengencerkan lendir itu, maka saluran pernafasan ada tidak sulit untuk dibersihkan dari racun-racun bekas asap rokok yang sudah menempel di paru-paru.

4. Rutin Berolahraga

Cara ampuh lainnya adalah berolahraga, sebab berolahraga teratur akan menghilangkan racun dari asap rokok atau nikotin.

Sebab, ketika kita olahraga maka metobolisme tubuh akan merespon dan hal ini akan meningkatkan dan menguatkan paru-paru.

Terutama meningkatkan sirkulasi tubuh dan membantu proses penyembuhan paru-paru.

Maka lakukan secara rutin, maka olahraga sangat efektif membersihkan paru-paru anda.

Hal dibenarkan oleh dr Tommy Wibowo, akan membantu dan mempercepat perbaikan pada paru-paru yang terpapar asap, baik bagi perokok aktif maupun pasif.

5. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Makanan anti oksidan memang sangat diperlukan, bisa mengonsumsi buah-buahan seperti blue berry, ceri, kubis, bayam, kacang almond dan zaitun.

Kemudian brokoli, bok choy. Makanan ini layak untuk dikonsumsi dan sangat baik untuk membantu menghilangkan racun di paru-paru anda akibat rokok.

Hal ini dipertegaskan dengan penelitian dari AS, bahwa makanan termasuk teh hijau bisa melindungi jaringan paru-paru.

Sebab lendir cenderung menumpuk di paru-paru bagi perokok hal itu sangat memberikan pengaruh.

6 Terapi Uap

Sebuah studi 2018 silam menunjukkan bahwa sebagian kecil pasien dengan penyakit paru obstruktif kranis mengalami peningkatan pernafasan setelah menggunakan masker uang.

Meski kemudian sejumlah pasien mengaku tidak merasa manfaatnya.

Namun sebuah studi di Inggris, justru menganjurkan terapi uang ini karena dianggap bisa mengencerkan lendir dan mengurangi peradangan di saluran pernapasan.

Meski demikian acara paling aman adalah konsultasikan ke dokter terdekat jika anda mengalami persoalan di paru-paru akibat merokok atau sebab lainnya. (Sripoku/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.