Rabu, 28 Oktober 20

Inilah Cara Atasi Masalah Pekerja Migran

Inilah Cara Atasi Masalah Pekerja Migran
* Anggota Komisi IX DPR RI Irgan Chairul Mahfiz. (Foto:Ryan/rni/ dpr.go.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Permasalahan perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI) selalu muncul berulang kali. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja Indonesia harus direvisi, dan disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (UU PPMI).

Masalah perlindungan PMI tersebut yang menjadi fokus utama dalam Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi IX DPR RI ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (23/11/2018). Dalam rapat yang dipimpin anggota Komisi IX DPR Irgan Chairul Mahfiz tersebut hadir perwakilan Pemerintah Provinsi Sumsel, BPJS Ketengakerjaan, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI), serta buruh migran Sumsel.

Komisi IX DPR sangat menyayangkan fasilitas yang berbeda antara konsorsium asuransi dan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan terhadap para PMI.

“Risiko yang ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan lebih sedikit dibandingkan risiko yang ditanggung oleh konsorsium asuransi yang sebelumnya. Saat ini, BPJS Ketenagakerjaan hanya menanggung 6 dari 13 coverage perlindungan PMI yang sebelumnya ditanggung oleh konsorsium,” tutur Irgan seperti dikutip obsessionnews.com dari situs resmi DPR, Senin (26/11).

Irgan mengharapkan ada perluasan jaminan risiko dari BPJS Ketenagakerjaan dengan menggandeng pihak lain yang dapat meng-cover 7 risiko yang tidak dapat di-cover oleh BPJS Ketenagakerjaan. Sementara premi iuran yang ditanggung PMI ke BPJS Ketenagakerjaan hampir sama besar dengan yang sebelumnya.

“Kami mendengar dari masih kurang dua perlindungan yang belum sanggup dipenuhi oleh BPJS Ketenagakerjaan, yaitu perlindungan bantuan hukum bagi PMI serta gaji yang belum dibayar. BPJS Ketenegakerjaan juga menambah beasiswa untuk anak PMI yang semula dari satu anak menjadi dua anak,” tutur politisi PPP ini. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.