Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Inilah Beda Waktu Puasa di Berbagai Benua

Inilah Beda Waktu Puasa di Berbagai Benua

Semarang, Obsessionnews – Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah yang ditunggu umat muslim di seluruh dunia. Puasa menjadi kewajiban yang musti dilaksanakan selama Ramadan dengan menahan haus, lapar serta nafsu, dimulai dari shubuh hingga menjelang malam. Meski begitu, tahukah anda umat muslim di belahan benua lain memiliki rentang waktu berpuasa yang berbeda? Simak penelusuran obsessionnews.com kali ini!

Eropa
Berpuasa di benua Eropa mungkin terdengar menyenangkan. Cuaca yang dingin, membuat dahaga menjadi berkurang. Namun ternyata muslim di benua tersebut harus menahan lapar dan dahaga selama 22 jam! Seperti dilansir dari situs HuffingtonPost, tahun ini negara Islandia menjadi negara terlama dalam berpuasa yakni tak kurang dari 22 jam.

Sementara itu kaum muslim di negara Eropa Utara lainnya seperti Norwegia dan Swedia paling tidak memiliki waktu puasa mencapai 20 jam per hari. Negara Inggris terbilang lumayan karena lama puasa di negara kerajaan itu hanya 18 jam, 59 menit. Begitu juga dengan Negara Jerman yang hanya terpaut lebih satu jam yaitu 19 jam, 3 menit.

Amerika dan Australia
Lain lagi di benua Amerika, khususnya Amerika Selatan. Bagaimana tidak, negara-negara bagian selatan mempunyai waktu puasa tercepat. Tahun ini, status waktu puasa paling cepat disabet oleh negara Chili dengan rekor 9 jam, 43 menit. Sebanyak 3.916 umat muslim di Chili hanya berpuasa setengah hari dari waktu shubuh hingga siang.

Sedangkan Amerika Serikat, New York khususnya memilki tenggat lama puasa 16 jam, 46 menit. Berbeda dengan Chicago yang waktu berpuasa harus berkurang selama satu jam. Kebanyakan negara bagian di Amerika Utara memiliki waktu puasa 15 hingga 17 jam. Australia sebagai benua terdekat dengan Indonesia nyatanya tidak begtu berbeda waktu. Di Sydney, kaum muslim berpuasa hanya 11 jam saja.

Timur Tengah dan Afrika
Sebagian besar negara di dunia mempunyai waktu puasa 11 sampai 16 jam, termasuk Saudi Arabia sebagai pusat Islam. Waktu berpuasa di Mekah adalah 14 jam, 54 menit. Musim panas dan kering membuat umat muslim harus berjuang ekstra keras untuk berpuasa. Terlebih di tahun ini diperkirakan wilayah Timur Tengah akan mengalami musim panas terburuk selama 33 tahun terakhir.

Di Afrika Selatan juga memiliki perbedaan jam puasa tercepat benua hitam. 12 jam menjadi patokan tetap bagi negara Pantai Gading. Sementara di negara wilayah Afrika Utara seperti Mesir, Tunisi dan Algeria memiliki jumlah waktu puasa 16 hingga 17 jam.

Asia
Muslim di negara India dan Pakistan akan berpuasa selama 17 jam, 11 menit dan 16 jam. Sedangkan di negeri Tiongkok, para kaum muslimin dijadwalkan berpuasa paling tidak 17 jam, 28 menit. Tak ketinggalan dengan Rusia, negeri Beruang Merah diperkirakan sebagai negara terlama di benua Asia dengan catatan waktu puasa 20 jam, 49 menit. Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand sangat beruntung dengan waktu puasa yang cenderung pas. Mayoritas negara Asia Tenggara cukup berpuasa 12-13 jam per harinya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.