Senin, 29 November 21

Inilah Amro Monster, Robot Cerdas Buatan Mahasiswa UGM

Inilah Amro Monster, Robot Cerdas Buatan Mahasiswa UGM
* Amro Monster, robot pemantau kebakaran hutan buatan mahasiswa UGM.

Yogyakarta, Obsessionnnews.com – Lima mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, mengembangkan Automated Mobile Robot for Monitoring and Prevent Forest Fire Disaster atau Amro Monster. Amro Monster merupakan sebuah prototipe robot cerdas untuk mencegah dan memonitor secara real time bencana kebakaran hutan yang dibuat oleh Muhammad Kemal Jayadi, Bayu Perwito Aji, Argha Jiwa Kusuma, Ina Eprilia dan Muhammad Iqbal Ardiansyah.

Amro Monster dirancang dapat berjalan di berbagai medan dan memonitor lahan secara luas. Robot ini dikendalikan dengan radio frequency melalui komputer atau laptop. Selain itu, juga dilengkapi dengan sensor suhu, sensor tekanan, sensor kelembapan, dan sensor konsentrasi gas, serta hand manipulator. Sensor digunakan untuk mengirimkan informasi kondisi fisik seperti tekanan, suhu, kelembapan, dan konsentrasi gas di lingkungan sekitar robot kepada pusat pengendali.

“Apabila ada benda yang tidak diinginkan dan menghalangi jalur ekspedisi, maka dapat dipindahkan dengan hand manipulator,” kata Kemal seperti dikutip dalam siaran pers Humas UGM, Selasa (14/6/2016).

Aplikasi ini nantinya bisa digunakan sebagai komplementer sarana dan prasarana manusia dalam membantu kegiatan monitoring kebakaran hutan. Mereka pun berharap bencana kebakaran lahan dapat diminimalkan dengan kerja robot otomatis yang terprogram ini sehingga tidak ada lagi pihak yang dirugikan akibat bencana kebakaran hutan. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.