Sabtu, 16 Oktober 21

Inilah 5 Wanita Hebat di Dunia

Inilah 5 Wanita Hebat di Dunia
* Margaret Thatcher.

Wanita tidak lagi menjadi sosok yang lemah di mata dunia. Justru banyak kita jumpai wanita-wanita yang mampu memimpin dan berada sederajat dengan pria.

Bagaimana karier wanita dalam politik? Walaupun jumlah wanita jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah laki-laki di ranah politik, tidak berarti wanita lantas kehilangan hak untuk menjadi pemimpin.

Cory Aquino, Benazir Butto, Margareth Thatcher, merupakan wanita-wanita hebat yang menjadi pemimpin pemerintahan di negaranya, walaupun parlemen negara mereka mayoritas dikuasai oleh kaum laki-laki.

Wanita Indonesia pun tidak kalah hebatnya dengan Cory Aquino, Benazir Butto, Margareth Teacher. Contohnya kita melihat kegigihan Menteri Kelatan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Saat ini wanita bisa membuktikan mampu menyederajatkan dirinya dengan kaum laki-laki, bahkan mampu menciptakan prestasi dan gebrakan yang tak kalah dengan kaum laki-laki.

 Margaret Thatcher

Lahir dengan nama asli Margaret Hilda Roberts di Grantham, Lincolnshire pada 13 Oktober 1925. wanita ini pernah belajar kimia di Somerville College, Oxford. Ia memulai studinya pada 1943 dan lulus pada 1947 dengan gelar Sarjana Kimia. Pada tahun terakhirnya ia memilih spesifikasi di bidang X-ray di bawah bimbingan Dorothy Hodgkin.

Semasa aktif di dunia politik Margaret Thatcher dijuluki sebagai Iron Lady atau Wanita Besi. Predikat ini diberikan kepadanya karena kepemimpinan dan wataknya yang keras.

Pada masa jabatannya sebagai menteri Iron Lady menciptakan peraturan konservatif yang kemudian diberi nama Thatcherism.

Thatcher memperkenalkan beberapa inisiatif politik dan ekonomi untuk membalikkan apa yang dianggap sebagai penurunan ekonomi di Inggris.

Filosifofi politik dan kebijakan ekonominya menitikberatkan pada deregulasi, pasar fleksibel buruh, dan mengurangi kekuatan dan campur tangan dari serikat buruh.

Thatcher menjadi orang yang paling lama menjadi perdana menteri yakni selama lebih dari 11 tahun sejak 4 Mei 1979 hingga 28 November 1990.

Dia meninggal dunia pada 8 April 2013 dalam usia 87 tahun akibat penyakit stroke. Ia menjadi pemimpin Inggris yang paling berpengaruh dalam masa modern di panggung internasional. Hingga saat ini, Thatcher adalah satu-satunya perdana menteri perempuan di Inggris.

Cory Aquino

corazon aquino
Cory Aquino.

Maria Corazon Sumulong Cojuangco dikenal luas dengan Cory Aquino, adalah Presiden Filipina, periode1986-1992. Wanita ini lahir di Paniqui, Tarlac, Filipina, 25 Januari 1933. Ia  wanita Asia pertama yang tampil sebagai presiden di dunia. Cory merupakan istri tokoh oposisi yang populer, senator Benigno Aquino Jr. Suaminya terbunuh sesaat setelah mendarat di Bandara Internasional Manila ketika kembali ke negaranya pada 21 Agustus 1983. Cory kemudian diidolakan oleh kalangan oposisi untuk menentang kekuasaan otokratik  yang dilakukan Presiden Ferdinand Marcos.

Prestasi atau gebrakan yang dibuat oleh Cory di antaranya adalah mengakhiri kediktatoran Presiden Ferdinand Marcos di masa 20 tahun kekuasaannya.

Filipina yang di masa lalu diperintah oleh diktator, sudah bukan rahasia lagi bahwa kekayaan negara, hak rakyat banyak dijarah oleh sang diktator. Kekuasaan yang korup oleh sang diktator ini biasanya melibatkan kerabat dan kroni-kroninya. Di sinilah Cory Aquino berperan penting mengembalikan kondisi negara yang lebih membaik.

Golda Meir

Golda Meir.
Golda Meir.

Golda Meir  yang lahir tanggal 3 Mei 1898 adalah salah seorang pendiri negara Israel Meir pernah menjabat sebagai Menteri Perburuhan selama periode 1949 hingga 1956. Ia menjadi Menteri Luar Negeri di bawah Perdana Menteri David Ben-Gurino dan Meir menjabat Perdana Menteri keempat Israel pada periode 17 Maret 1969 – 3 Juni 1974.

Sebagaimana dikatakan oleh BBC, Golda Meir adalah “Wanita Besi dalam politik Israel jauh sebelum ungkapan itu diciptakan untuk Margaret Thatcher. David Ben-Gurion pernah menggambarkannya sebagai “satu-satunya lelaki di dalam kabinet (Israel).” Ia adalah perempuan pertama (dan hingga kini satu-satunya) yang menjadi Perdana Menteri Israel, dan PM perempuan ketiga di dunia.

Perdana Menteri Ben-Gurion meminta Golda mengganti namanya dengan sebuah nama Ibrani. Ia memilih Meir, yang berarti bersinar”.

 Susi pudjiastuti

Susi Pudjiastuti.
Susi Pudjiastuti.

Susi Pudjiastuti  lahir di Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, 15 Januari 1965 adalah seorang Menteri Kelautan dan Perikaan Indonesia di Kabinet Kerja periode 2014-2019. Siapa yang menyangka menteri ini tidak menamatkan sekolahnya di tingkat SMA.

Setelah tamat SMP, Susi melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 1 Yogyakarta. Namun berhenti di kelas 2 karena dikeluarkan dari sekolah akibat keaktifannya dalam gerakan golput. Namun, hal itu tidak serta merta membuatnya menjadi orang yang gagal. Dari situ dia mampu bangkit dan menjadi sosok wanita yang berhasil

Selain menjabat seorang menteri, prestasi yang dimiliki susi ialah posisinya sebagai direktur Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Chief Executive Officer (CEO) pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster dengan merek Susi Brand. Ia juga CEO maskapai Susi Air yang beraset ratusan miliar rupiah, dengan 46 pesawat propeler jenis Cessna Grand Caravan, CEO PT ASI Pudjiastuti Flying School, dan masih banyak lagi.

Popularitas Susi melejit karena keberaniannya menenggelamkan kapal-kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Meskipun mendapat protes dari dunia internasional, Susi tak goyah.

Tri Rismaharini

Tri Rismaharini.
Tri Rismaharini.

Tri Rismaharini yang akrab disapa Risma adalah Wali Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim)  periode 2010-2015. Kemudian terpilih kembali menduduki kursi orang nomor satu di kota buaya itu di Pilkada serentak 9 Desember 2015.

Risma lahir di Kediri, Jatim, 20 November 1961. Ia meraih prestasi besar dengan dinobatkannya sebagai walikota terbaik dunia 2014 yang diselenggarakan oleh World Mayor, sebuah organisasi non profit yang bertaraf internasional.

Selain itu Risma juga mencatatkan prestasi lainnya dalam program kerja untuk kota yang ia bina. Prestasinya yang diakui dunia lainnya adalah menjadikan Kota Surabaya sebagai kota terbaik se-Asia Pasifik versi Citynet 2012, penghargaan kota berkelanjutan ASEAN Enviromentalli Award 2012, dan penghargaan Socrates Award kategori Future City dari European Business Assembly (EBA) April 2014. (Ulfa Gusti & Indah Kurniasih, dari berbagai sumber)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.