Sabtu, 28 November 20

Inilah 10 Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Inilah 10 Penyakit Paling Mematikan di Dunia
* ilustrasi - penyakit

Ketika bicara tentang penyakit yang mematikan, apa saja yang muncul di pikiranmu? Apakah kanker, serangan jantung, atau yang lainnya?

Menurut data dari World Health Organization (WHO) tahun 2015, di antara 56,9 juta kematian di dunia, 54 persennya disebabkan oleh penyakit tertentu.

Ini berarti, dalam setahun kurang lebih 30,7 juta orang terbunuh gara-gara kondisi tersebut. Para peneliti WHO merangkumnya menjadi sepuluh penyakit yang paling mematikan. Apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Sirosis
mmed.comPenyakit yang menempati posisi ke-10 adalah sirosis. Kondisi ini terjadi akibat kerusakan jaringan kronis dan jangka panjang pada hati. Banyak faktor yang bisa menyebabkannya, mulai dari gaya hidup, penggunaan narkoba, hepatitis, dan kecanduan alkohol.

Fungsi hati adalah menyaring zat berbahaya dari tubuh. Ketika terlalu banyak racun yang masuk ke tubuh, hati akan bekerja lebih keras dan akhirnya ia akan rusak dan berhenti. Tercatat oleh WHO bahwa sirosis membunuh 1,2 juta orang di tahun 2015.

2. Tuberkulosis
Tuberkulosis atau TB adalah infeksi pernapasan bawah yang biasa disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Ketika kita menghirupnya, bakteri tersebut akan langsung menginfeksi paru-paru kita.

Penyakit ini menyebabkan 1,3 juta kematian di tahun 2015. Secara keseluruhan, angka tersebut menurun 1,5 persen sejak tahun 2000. Namun sayangnya masih tergolong tinggi.

3. Diare
webmd.comKamu mungkin heran kenapa diare bisa masuk ke dalam daftar ini, iya tidak? Ternyata memang benar bahwa diare adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Menurut WHO, secara global, ia berkontribusi terhadap 2,5 persen kematian di dunia atau setara dengan 1,4 juta jiwa. Fatalnya, diare lebih banyak diidap oleh anak-anak, terutama yang berusia di bawah lima tahun.

Bagaimana seseorang bisa mati karena penyakit yang menyerang pencernaan ini? Diare yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan pasien dehidrasi. Tubuh akan kekurangan air dan sodium, zat yang penting untuk hidup. Dilansir dari Rehydrate, ketika cairan tersebut tinggal 10 persen, kematian akan terjadi.

4. Alzheimer
perfil.comPenyakit yang sering dikira tidak berbahaya ini ternyata menempati posisi ketujuh untuk penyakit mematikan di dunia. Paling sedikit 1,5 juta orang meninggal karenanya di tahun 2015, menurut WHO. Alzheimer adalah penyakit progresif yang membuat lansia kehilangan ingatannya.

Lalu bagaimana bisa alzheimer mengakibatkan kematian? Menurut laporan dari Live Science, ternyata banyak komplikasi yang ditimbulkannya. Di antaranya adalah kesulitan untuk menelan makanan, penyumbatan pembuluh darah, dan bahkan pelemahan sistem imun tubuh. Kondisi-kondisi tersebut akan terjadi ketika seseorang sudah menderitanya sekitar satu hingga dua tahun, menurut NIH.

5. Diabetes
movementdisorders.orgDiabetes atau yang dikenal sebagai penyakit gula adalah biang kerok dari 1,6 juta kematian di tahun 2015, menurut data WHO. Dilansir dari Medical News Today, terdapat beberapa faktor risiko dari penyakit ini, di antaranya adalah obesitas, pola makan yang tidak sehat, faktor genetik, dan kurang olahraga.

6. Kanker organ pernapasan
lungdiseasenews.comKanker pernapasan terdiri dari kanker trakea, laring, bronkus, dan paru-paru. Dilansir dari Health Line, penyebab utamanya adalah merokok, menghirup asap rokok, dan racun dari polusi udara.

Studi dari European Review tahun 2015 melaporkan bahwa jenis kanker ini bisa membunuh empat juta orang setiap tahunnya. Uniknya, kebanyakan korban berasal dari negara berkembang karena kondisi udara mereka pada umumnya lebih buruk.

7. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
britannica.comPPOK adalah penyakit paru-paru yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Ia dapat membuat penderitanya kesulitan untuk bernapas. Gejalanya meliputi batuk berkepanjangan, produksi lendir yang berlebihan, serta infeksi pernapasan. Penyakit ini berkontribusi terhadap 5,6 persen kematian di dunia atau setara dengan 3,1 juta orang.

8. Infeksi saluran pernapasan bawah
medicalnewstoday.comInfeksi saluran pernapasan bawah adalah penyakit yang menyerang paru-paru, pembuluh pulmonalis, trakea, bronkus, dan diafragma. Jenis infeksi ini biasanya lebih parah daripada yang menyerang pernapasan atas.

Data WHO tahun 2015 menyatakan bahwa ia berkontribusi terhadap 5,7 kematian di seluruh dunia. Jenis-jenis infeksi dapat berupa pneumonia, bronkitis, tuberkulosis, dan influenza.

9. Stroke
medicalnewstoday.comPenyakit kedua yang banyak membunuh orang di dunia adalah stroke. Setidaknya 6,2 juta orang mati karenanya di tahun 2015. Stroke terjadi ketika pembuluh arteri di bagian otak tertutup atau mengalami kebocoran. Selain mematikan, penyakit ini juga mengakibatkan kecacatan dalam jangka waktu yang lama.

10. Penyakit jantung koroner
hcah.inAkhirnya kita tiba juga pada penyakit paling mematikan di dunia, ia adalah jantung koroner. WHO mengatakan bahwa pada tahun 2015, penyakit ini menyebabkan 8,8 juta kematian.

Sedangkan laporan dari Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa setiap tahun, ia membunuh setidaknya 370 ribu orang. Penyakit ini terjadi karena adanya penyempitan atau penutupan pembuluh darah koroner. Aliran darah bersih menuju jantung pun terganggu dan menyebabkan serangan jantung.

Sudah banyak korban yang disebabkan oleh penyakit-penyakit di atas. Oleh karena itu, sebaiknya kita mencegahnya dari sekarang. Bagaimana caranya? Cukup dengan membiasakan hidup sehat. Mulai dari menjaga nutrisi, pola makan, berolahraga, dan menghindari hal-hal yang berbahaya bagi kesehatan. Semoga kita bisa terhindar dari penyakit tersebut ya! (IDN Times)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.